Dari sekian banyak orang yang
terus-terusan mempelajari banyak hal mengenai Internet Marketing dan SEO dengan
lahapnya, tetap saja masih ada yang bertanyatanya apa sih itu SEO? Dan apa
gunanya Internet Marketing? Saya akan coba jelaskan terlebih dahulu mengapa
Anda harus mendalami SEO dan internet marketing?
Belum lama ini , MarkPlus Insight
merilis sebuah data terkait survei pengguna internet di Indonesia tahun 2013.
"Pengguna internet di Indonesia tahun tersebut naik 22% dibanding tahun
sebelumnya, dan jumlah pengguna internet saat 2013 kemarin mencapai 74,57
juta," ujar Chief Executive Marketeers Waizly Darwin dalam Marketeers
Dinner Seminar Indonesia Netizen Survei 2013: What Every Marketer Should Know
About Indonesian Internet Users di Hotel Four Seasons pada Senin (28/10) 2013.
Dengan angka tersebut, artinya
sekitar 30,1% menggunakan internet dari populasi penduduk Indonesia yang
berjumlah 245 juta dan mayoritas pengguna masih didominasi oleh penduduk
perkotaan dengan jumlah 62,19 juta. Waizly memperkirakan dengan angka penetrasi
tersebut, pada tahun 2016 atau 2017 persentase penetrasi pengguna internet di
Indonesia akan mencapai 50%. Dan dipastikan setiap tahun presentase penggunaan
internet akan terus bertambah secara signifikan.
Meskipun tahun 2013 itu naik 22%
dari tahun sebelumnya, ternyata pertumbuhan netizen sendiri masih terbilang
kecil. "Kenaikan penetrasi netizen hanya naik sekitar 3% saja disbanding tahun
lalu. Dari total pengguna internet, hanya 31,7 juta yang bisa dikategorikan
netizen.
Netizen adalah pengguna internet
lebih dari 3 jam per hari," ujar Levina Yulianti, Chief Operations
MarkPlus Insight.
Ada lagi yang lebih
mencengangkan, apa itu ? Ternyata ada sekitar 69,3 % responden menganggarkan
belanja mereka untuk berinternet. Dan anehnya lagi, angka ini lebih besar dari responder
yang menganggarkan belanja merreka untuk perut mereka sendiri yaitu sekitar 63,3%.
Sementara sekitar 59,4% pengguna internet mengeluarkan dana secara impulsif
tanpa terencana untuk berbelanja, baru setelah itu 38,2% untuk kebutuhan akan
hiburan.
Tidak hanya itu, dari jumlah
pengguna internet yang pernah belanja online naik 5% dibanding tahun lalu.
Terjadi peningkatan angka pengguna internet yang pernah belanja online mencapai
20,3% dan di sosial media mencapai 56%.
Nah dengan data-data yang sudah
dijabarkan diatas, maka peluang berbisnis online via web dan sosial media
sangat besar sekali. Maka dari itu, bagi anda yang masih ragu akan dahsyatnya
bisnis online, segera buang jauh-jauh pemikiran yang kurang sehat tersebut.
Bisnis di dunia maya begitu menjanjikan, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak
orang, termasuk penulis dan keluarga penulis bergelut dibidang bisnis online.
Namun, bisnis online itu tidak
sekedar berjualan dionline menawar-nawakan suatu produk ataupun jasa. Anda
wajib mengetahui cara-cara yang jitu agar bisnis online kita tetap eksis di
dunia maya, dan menghasilkan pendapatan yang bergelimangan? Bagaimana melakukan
itu semua? Akan dikupas tuntas dalam ebook ini.
1.1
Antara SEO, SEM, dan Internet Marketing
SEO atau Search Engine
Optimization menurut wikipedia adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah
website atau halaman web di search engine melalui cara natural (alami) atau
tidak berbayar (“organik”atau ”algorithmic ”) di dalam hasil pencarian
berdasarkan keyword. Kegiatan ber-SEO ini dilakukan oleh para ahli SEO ataupun
para pemula SEO agar halaman website yang di SEO kan itu muncul di halaman
pertama, atau istilahnya itu nangkring di page
one. Atau setidaknya nangkring di
halaman kedua. Atau lebih parahnya ditampilkan di semua halaman google untuk
keyword tertentu. Mengerikan sekali jika sudah seperti ini. Ck ck ck ck...
Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran Internet
yang bertujuan untuk mempromosikan website di halaman hasil mesin pencari
(SERPs) berbayar melalui penempatan dibayar, iklan kontekstual, dan inklusi
berbayar. Atau lebih tepatnya SEM adalah mengiklankan dengan kata kunci
tertentu pada search engine seperti Google AdWords, Facebook Ads ataupun Yahoo
Search Marketing dengan pembayaran Pay Per Click.
Jadi kalo SEO itu gratis tapi
natural, kata wikipedia :), sedangkan SEM itu berbayar. Lalu internet marketing
sendiri adalah semua tools, media, yang digunakan dalam bermarketing ria via
online, baik social media, search engine marketing, dan search engine
optimization adalah salah satu tools-nya yang menunjang kegiatan internet
marketing. Cuma cara-cara berinternet marketing di dunia maya/online itu
berbeda dengan marketing konvensional, internet marketing itu cenderung dengan
pemberian edukasi berupa konten / artikel. Nah loh, saya sudah buka kartu
duluan. Tapi apa sih maksudnya? PR untuk kedepannya.
1.2 Memetakan Pekerjaan
Beginilah peta pekerjaan yang
seharusnya
“1 : 99 = 1% pekerjaan marketer,
99% pekerjaan konsumen”
1 banding 99, pekerjaan seorang
marketter itu harusnya hanya 1 persen saja, sisanya 99%
itu dilakukan oleh konsumen Anda,
entah itu member Anda ataupun visitor dari website Anda.
Namun yang kebanyakan terjadi di
lapangan adalah seperti ini :
“99 : 1 = 99% pekerjaan marketer,
1% pekerjaan konsumen”
Pada awalnya memang harus begini
dulu, bersakit-sakit dahulu, mati eh senang kemudian. :D Namun bagaimana
melakukan cara agar 1 persen dilakukan oleh marketer dan 99 persennya di
lakukan oleh para konsumen Anda. Itu yang akan kita bahas di ebook ini secara
tuntas.
Ingin lebih
mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca
artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Post A Comment:
0 comments: