Bisnis komersial elektronik

Bisnis komersial elektronik (e-commerce) dewasa ini semakin marak dengan hadirnya pemain-pemain baru, yang mayoritas berasal dari kalangan muda. Hal ini mungkin saja dipicu oleh persepsi bahwa membangun dan menjalankan bisnis secara online membutuhkan modal yang relatif lebih kecil, karena tidak adanya biaya operasional yang biasanya menyertai pengelolaan bisnis secara fisik, seperti penyewaan tempat usaha, biaya kelistrikan, gaji karyawan, dan sebagainya. Padahal, pendapat tersebut tidak sepenuhnya tepat.
Berbeda dengan bisnis yang dijalankan di dunia nyata, bisnis di dunia maya menuntut usaha yang lebih keras dari sang pengelolanya untuk dapat menarik trafik menuju situs usahanya. Sebabnya, tidak ada yang menjadi “passerby” di dunia maya. Semua pengunjung akan mengarahkan kursor mereka menuju ke tempat-tempat yang memang mereka minati saja.
Jadi, ada dua pekerjaan rumah utama bagi para pengelola website. Yang pertama adalah, menciptakan situs yang mampu menarik minat target pengunjung mereka. Dan, kedua, memastikan website Anda selalu mudah diakses saat pengunjung sudah tertarik.
Dalam artikel ini, kami tidak akan berpanjang-lebar membahas poin pertama, karena kami yakin Anda sudah memikirkan konsep website Anda secara matang dengan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan target pengunjung Anda. Jadi, kami hanya akan berfokus pada poin kedua, agar Anda dapat menjaring lebih banyak pengunjung, yang harapannya dapat dikonversi menjadi pembeli di website e-commerce Anda.
Bagaimana caranya? Well, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Salah satunya adalah dengan mengoptimasi pencarian website Anda di dunia maya dengan mempraktikkan SEO (search engine optimization).
Lebih lengkapnya, kami akan menampilkan 13 trik jitu meningkatkan trafik melalui teknik pencarian website yang dikemukakan oleh pakar-pakar di bidang Internet dan digital marketing. Simak bersama ya.
1. Fokus pada Long Tail
Jika website Anda baru seumur jagung, mungkin akan sulit untuk mengincar kata-kata kunci popular dalam waktu yang singkat. Menurut pengalaman saya, akan lebih baik jika Anda memproduksi banyak artikel berkualitas yang memuat kata-kata kunci yang sangat spesifik, ketimbang Anda langsung mengincar kata-kata kunci yang memiliki trafik pencarian website yang tinggi. Keuntungan besar yang akan Anda dapatkan dengan berfokus pada terminologi kunci berbuntut panjang (long-tail) adalah, biasanya mereka akan menghasilkan konversi yang lebih besar juga. Untuk membantu Anda, saya merekomendasikan sebuah alat yang bernama HitTail, yang akan membantu mengarahkan pengunjung dari pencarian website yang telah ditargetkan ke website Anda dengan memfokuskan pada kata kunci organik yang paling menjanjikan di trafik website Anda saat ini.
2. Terus Bertahan
Semakin lama Anda bertahan di dalam bisnis ini, dan semakin rajin Anda memproduksi konten online berkualitas, semakin besar kemungkinan Anda untuk dapat tampil pada hasil pencarian website untuk kata-kata kunci yang terkait. Memulai sebuah blog atau menyusun kembali artikel-artikel lama boleh saja dilakukan, namun mempertahankan aktivitas tersebut selama bertahun-tahun lamanya akan menghasilkan perbedaan yang jauh lebih berarti, ketimbang hanya dijalankan selama beberapa bulan (atau bahkan minggu).
3. Mengoptimasi Artikel Anda
Ada tiga bahan dasar utama dari sebuah laman situs atau artikel yang dioptimasi secara sukses: meta title, deskripsi dan kata kunci (keywords). Ketiga hal ini sebenarnya hanya hal-hal sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum mempublikasikan sebuah konten di dalam website Anda. Jadi, pastikan Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukannya setiap kali, dan saat Anda sudah mulai terbiasa, Anda akan dapat memposisikan kata kunci Anda dengan lebih baik.
4. Jangan Lupakan Pembangunan Link (Secara Etis)
Tautan yang mengandung kata kunci adalah dasar dari praktik optimasi mesin pencarian website secara off-page. Hal terbaiknya adalah, penyebaran tautan seringkali dapat Anda lakukan secara gratis. Cukup minta bantuan pada vendor, mitra kerja, pers, klien, alma mater, atau sumber kredibel lainnya yang biasa berinteraksi dengan Anda, untuk menampilkan tautan kata kunci (hyperlink keywords) yang akan mengarahkan pengunjung kembali ke website Anda untuk topik-topik yang sudah Anda targetkan. Jika sumber yang mereferensikan Anda memiliki ranking laman yang tinggi, Anda akan dapat merasakan peningkatan drastis dari ranking website Anda sendiri dalam waktu kurang dari dua bulan setelah konten tersebut dipublikasikan.
5. Gunakan Keyword Tool dari Google
Gunakan Keyword Tool dari Google untuk menemukan kata-kata kunci berbuntut panjang yang belum terlalu banyak digunakan pihak lain, lalu bangun beberapa konten berdasarkan kata kunci tersebut. Jika Anda bergelut dalam industri yang cukup spesifik, ini bisa menjadi salah satu cara untuk membangun trafik pengunjung yang berkesinambungan, sekaligus berinteraksi dengan para pengunjung Anda dengan lebih baik.
6. Berikan Nilai Tambah bagi Para Pembaca Anda
Berbicara mengenai cara untuk meningkatkan pencarian website secara organik, pemasaran konten melalui blog atau posting yang diunggah oleh pengunjung website adalah cara tercepat untuk membangun trafik yang baik. Namun demikian, dalam hal pemasaran konten, kita harus berbicara lebih banyak mengenai kualitas konten, bukannya kuantitas. Jika konten website Anda tidak menarik, jangan harap pengunjung Anda akan membacanya, apalagi menyebarluaskannya, yang sebenarnya merupakan tujuan utama menciptakan blog perusahaan pada awalnya. Itu sebabnya, setiap kali saya membuat sebuah konten, saya selalu menanyakan kepada diri saya sendiri, apakah saya akan rela meluangkan 10 menit saya yang berharga untuk membacanya, dan apakah saya akan sukarela menyebarluaskannya. Jika Anda tidak mau melakukan salah satu dari kedua hal itu, maka Anda perlu menganalisa kembali strategi konten Anda.
 7. Jangan Coba Mengelabui Google
“Mempermainkan” sistem Google bisa saja berguna untuk waktu yang singkat, namun itu jelas bukan strategi jangka panjang yang baik. Untuk meningkatkan trafik pencarian website secara organik, mulailah dengan memproduksi konten berkualitas tinggi yang relevan dengan apa yang mungkin akan dicari oleh pengguna website Anda. Gunakan bantuan Keyword Tool dari Google untuk memastikan Anda menggunakan terminologi yang tepat, yang banyak digunakan oleh pengguna Internet awam ketika sedang melakukan pencarian website.


Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain











Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya





DAN LAIN LAIN



Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin


Wassalam






Axact

BELAJAR SEO

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.H.COM

Post A Comment:

0 comments: