Sekarang adalah saat yang tepat bagi pelajar atau mahasiswa memulai sebuah bisnis. Bahkan bisa dibilang harus. Para sarjana, mahasiswa, maupun pelajar, perlu dipersiapkan menghadapi tantangan di dunia kerja, dan akan lebih baik jika mereka memiliki penghasilan tambahan. Mari kita daftar tantangan yang akan muncul di masa mendatang: lebih banyak kompetisi, penggunaan mesin diutamakan, perubahan dalam perusahaan, perampingan jumlah karyawan.
Mungkin ini akan terlihat buruk. Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan semua agar tidak menjadi buruk. Karena segala kemungkinan tadi bisa saja betul-betul terjadi. Mulailah meluncurkan sebuah bisnis, atau bekerja sama dengan bisnis yang ada. Ide-ide bisnis mahasiswa atau bisnis pelajar dalam artikel ini dapat dimulai dengan modal awal dua juta rupiah atau bahkan kurang. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan yang Anda kuasai.
Inilah 13 ide-ide bisnisnya:
1.  Jasa Pengiriman. Adakah bisnis di daerah Anda yang bisa meningkatkan nilai jual dengan layanan pengiriman langsung ke pelanggan? Jika ada, jadilah jasa pengiriman itu.
2.  Bimbingan Belajar. Jika Anda mahasiswa yang mendapat beasiswa karena prestasi, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis mahasiswa. Mulailah menjadi guru privat dan beri bimbingan untuk murid SD hingga SMA.
3.  Layanan dan pengiriman makanan tengah malam. Jika Anda kuliah di daerah yang jarang rumah makan buka hingga tengah malam, dan sekalipun ada, mereka tidak mau mengantarkan ke pelanggan. Maka, rebut peluang itu.
4.  Jasa desain grafis untuk presentasi dan laporan. Bagi Anda yang merasa senang dan menikmati seni desain dan presentasi yang bagus, dan merasa punya keahlian disitu, tawarkan lah jasa desain grafis ini kepada mahasiswa lain atau bahkan mungkin dosen.
5.  Jasa penulisan resume. Apakah Anda bagus dalam menemukan sudut terbaik untuk menyajikan informasi yang menarik? Jasa penulisan resume dapat menjadi peluang besar dan akan memberikan pengalaman saat Anda benar-benar masuk dunia kerja.
6.  Jasa tour. Bagi mahasiswa yang suka dengan wisata alam ataupun melakukan perjalanan jauh, serta memiliki bakat dalam merencanakan perjalanan, kumpulkan mahasiswa lain dan buatlah paket wisata ke luar negeri ataupun wisata lokal untuk liburan. Bisnis mahasiswa ini bisa menguntungkan Anda, selain dapat keuntungan berupa uang, juga dapat ikut merasakan liburan sambil wisata.
7.  Kelompok pertunjukan seni. Jika Anda pelajar atau mahasiswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam pertunjukan seni seperti music, tari, atau drama, mulailah bentuk kelompok, dan ikuti acara-acara yang dapat mengembangkan minat Anda tersebut.
8.  Jasa perawatan hewan peliharaan. Mempunyai hobi dan suka dengan berbagai hewan peliharaan dapat menjadi peluang bisnis pelajar ataupun bisnis mahasiswa. Saat ini banyak orang memiliki hewan peliharaan tapi terkadang tidak punya waktu untuk merawat. Ambil peluang itu.
9.  Jasa fotografi dan video. Jika Anda punya pandangan bagus dalam menyusun adegan ataupun gambar, pertimbangkan untuk memulai bisnis ini. Tawarkan pada mahasiswa lain yang ingin mempromosikan bisnisnya dengan foto atau video.
10.  Bisnis butik. Apakah Anda sering mendapat pujian atau perhatian dengan penampilan? Mungkin bisnis ini dapat menjadi bisnis mahasiswa yang cocok untuk Anda. Buatlah mode yang menarik dan jual melalui ponsel Anda.
11.  Layanan jual barang bekas. Tawarkan jasa menjual barang pada teman-teman Anda yang mempunyai barang bernilai tapi sudah tidak digunakan lagi dan tidak punya cukup waktu untuk menjualnya. Buat kesepakatan bagi hasil dan ambil keuntungan dari itu.
12.  Bisnis T-shirt. T-shirt yang keren adalah yang terlihat muda, sederhana, dan ini menjadi penampilan umum bagi sebagian besar mahasiswa. Buatlah desain yang unik dengan kata-kata atau gambar lucu. Tawarkan juga desain kemeja untuk organisasi di kampus. Maka ini akan jadi bisnis besar.
13.  Jasa training personal. Punya tubuh atletis dan sporty? Mulailah memberi konsultasi pada teman-teman Anda dan ajak mereka berlatih bersama Anda. Motivasi mereka agar bisa menjadi seperti Anda dan ambil keuntungan dari sana.
Sebagai tambahan dari 13 ide bisnis pelajar dan bisnis mahasiswa di atas, ada beberapa tips singkat untuk sukses dalam berbisnis:
1.  Inovasi itu baik, tapi jangan berlebihan. Jangan berpikir untuk menyaingi Facebook, mulailah dengan yang sederhana tapi menghasilkan keuntungan.
2.  Pilihlah ide bisnis yang mempunyai segmen dan target pasar yang jelas dan sangat membutuhkan atau menginginkan apa yang Anda jual.
3.  Setelah modal dua juta rupiah atau berapapun modal awal Anda, jangan keluarkan uang lagi untuk bisnis mahasiswa ini. Ini untuk mengukur kesuksesan. Sebuah bisnis harus bisa menghidup diri sendiri dan bisa membayar Anda. Jadi setelah mulai, bisnis harus bisa menghasilkan investasi untuk menghidupi diri mereka sendiri. Jika memang  bisnis tidak berjalan cukup baik, segera lakukan penyesuaian, baik dari sisi harga, ataupun kualitas produk atau layanan. Perhatikan keinginan pelanggan. Itu akan membawa ke arah yang lebih baik.
4.  Memulai bisnis adalah pengalaman yang hebat, tapi ingat bukan itu alasan utama. Anda memulai bisnis untuk masa depan yang lebih baik. Jadilah disiplin dan bisa mengatur waktu agar tetap bisa pergi ke kelas, membuat prestasi bagus, dan bisnis tetap berjalan.
5.  Manfaatkan segala sumber daya dan peluang yang dapat meningkatkan bisnis. Ambil sumber daya di kampus maupun bantuan pemerintah, ajukan beasiswa, dan ikuti kesempatan belajar di luar negeri untuk dapat pengalaman baru dan ide baru serta memperluas jaringan.

Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain











Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya





DAN LAIN LAIN



Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin


Wassalam





Ingin lebih mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: