Ketika bisnis kecil berkembang,

 pasti And akan merasa sangat bersemangat untuk terus menjalankannya. Namun bila sedang dalam keadaan yang kurang baik atau mengalami penurunan, pasti merasa seperti kurang bergairah dalam menjalaninya dan dalam keadaan ini motivasi tentu menjadi sangat dibutuhkan. Berikut adalah tips untuk tetap fokus pada impian Anda dan menghidupkan kembali semangat wirausaha Anda.
1.  Cari sumber pemicu Anda
Apakah ingat alasan atau orang-orang yang membuat Anda memulai bisnis Anda? Apakah itu seseorang yang Anda temui? Seminar yang Anda ikuti? Cobalah untuk mengingat dan berhubungan kembali dengan orang atau pun pengalaman itu untuk menyalakan kembali semangat kewirausahaan Anda.
2.  Tetapkan tujuan baru
Bekerja untuk mencapai tujuan bisnis adalah motivasi yang baik. Tuliskan 3-5 tujuan jangka pendek dengan tenggat waktu tertentu untuk mencapainya. Selain itu, bagi menjadi dua tujuan jangka panjang di mana tugas harus dikelola secara harian dan juga mingguan. Lihat kemajuan yang  Anda alami. Dengan setiap kemajuan, kepercayaan diri cenderung akan meningkat.
3.  Rayakan keberhasilan Anda
Tentu Anda akan merasakan kebanggaan terhadap berbagai hal yang telah berhasil Anda capai. Ingatlah kembali betapa bahagia rasanya ketika mencapai titik kejayaan dalam karir, untuk menjadi pemilik usaha kecil yang sukses, atau untuk membuat keputusan yang dapat merubah hidup Anda.
4.  Carilah inspirasi dari orang lain
Kita semua pasti punya sosok orang yang dikagumi, dan biasanya kita menganggap orang itu hebat baik secara personal maupun ketika di panggung. Mengagumi seseorang dapat menjadi  inspirasi yang akhirnya menjadi motivasi untuk kita bisa sukses seperti mereka. Semakin Anda belajar dari pengalaman orang yang dikagumi, bagaimana mereka bisa keluar dari segala hambatan dan sukses seperti saat ini, itu akan membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk sukses.
5.  Katakan “tidak” pada hal negatif
Ketika terjadi suatu peristiwa yang dapat mencegah Anda mencapai tujuan, cobalah untuk tidak jatuh ke dalam pola pikir negatif dan kehilangan motivasi. Sebaliknya, sesuaikan pikiran Anda dan cari peluang yang bisa diambil dari peristiwa ini. Penuhi pengaruh positif dalam diri Anda. Jangan dengarkan berita buruk tentang dunia bisnis, yang bisa menutupi motivasi perasaan positif. Dengarkan hal-hal yang bisa membangkitkan semangat. Hindari teman dan kolega yang memancarkan sikap dan pikiran negatif. Bergaul lah dengan orang-orang yang optimis, orang-orang ambisius yang memiliki keinginan untuk membuat impian menjadi kenyataan.
6.  Keluar dari rutinitas
Pada titik tertentu, hampir setiap pemilik usaha kecil merasa terjebak dalam lubang kegagalan. Untuk keluar dari situ, Anda harus punya motivasi kuat. Jadilah kreatif. Temukan cara baru untuk mengatasi masalah bisnis yang terjadi sehari-hari, atau lebih baik lagi, delegasikan pada karyawan yang bertanggung jawab.
7.  Ambil waktu istirahat
Mungkin yang Anda butuhkan untuk mendapatkan motivasi adalah sedikit waktu untuk berhenti. Lakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda, bisa dengan pergi memancing, menonton film, bermain musik, atau hal lain. Nikmati akhir pekan dengan tenang.
Mungkin memang susah untuk bisa bangkit jika kita sudah jauh tenggelam dalam perasaan gagal. Tapi Anda harus bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa dan mencari motivasi diri agar terus bangkit kembali. Percayalah, manusia tidak diciptakan untuk terpuruk dalam kegagalan, manusia diciptakan dengan sejuta akal untuk mengatasi masalah dalam diri.
Kesalahan Berikut Ketika Memulai Bisnis
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, memulai bisnis baru adalah salah satu sasaran paling empuk yang dicari masyarakat di dunia. Tetapi, memulai bisnis baru tidak semudah membalikkan telapak tangan atau semudah menendang bola. Memulai bisnis baru sangatlah sulit. Anda harus mempersiapkan semuanya. Mulai dari produk/jasa apa yang ditawarkan, siapa yang akan membantu untuk bekerja sampai bisnis plan, agar bisnis tersebut tetap terarah setelah dibuka. Tapi, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang melalukan kesalahan besar saat prosesnya. Tidak heran bahwa 80% perusahaan baru hanya bertahan dalam tiga tahun pertama. Inilah 5 kesalahan yang harus anda hindari saat ingin memulai suatu bisnis.
 1. Tidak memiliki alasan mengapa memulai bisnis
Saat ingin memulai bisnis, hal pertama yang harus anda miliki adalah apa alasan anda memulai bisnis tersebut? Mengapa anda ingin mengejarkan impian tersebut? Jika anda tidak memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda akan terhalang oleh alasan untuk tidak terus maju dan anda akan menyerah sebelum anda mencapai keberhasilan.
2. Mengasumsikan bank akan meminjamkan anda uang
Ini adalah salahsatu kesalahan terbesar. Lebih tepatnya adalah salah pemikiran. Jika anda berpikir, bahwa bank akan meminjamkan uang untuk memulai usaha anda itu salah. Bank adalah pilihan sulit untuk pinjaman uang. Mereka akan sangat enggan memberikan pinjaman karena tingkat keberhasilan bisnis baru sangat rendah. Biasanya, salahsatu caranya adalah dengan jaminan. Tetapi, jika anda tidak bisa mengembalikannya, maka jaminan tersebut akan menjadi milik bank. Jadi, daripada anda berasumsi bank akan meminjamkan uang, lebih baik anda menggunakan tabungan pribadi atau menjual beberapa asset.
 3. Mengasumsikan pelanggan akan datang dengan sendirinya
Ini adalah hal yang sangat salah. Banyak pengusaha baru yang melakukan hal ini. Padahal sebagai usaha baru, untuk sukses anda harus berusaha menjual produk/jasa anda. hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan iklan, atau promosi secara besar-besaran.
Alasan pelanggan membeli suatu produk/jasa ada 2, yaitu menghindari rasa sakit dan untuk mendapatkan kesenangan. Jika Anda menemukan rasa sakit mereka dan dapat memperbaikinya, Anda akan mendapatkan bisnis mereka. Contohnya saja jika anda ingin memasuki bisnis perawatan kulit, anda dapat mensegmentasikan produk anda ke orang-orang dengan usia diatas 45 yang peduli dengan keriput. Ini adalah salahsatu usaha anda untuk menjual produk/jasa anda.
 4. Memulai bisnis tanpa ada strategi keluar yang jelas
Memang hal ini terdengar aneh. Tetapi, hal ini sangat penting untuk mencari tahu bagaimana cara anda membongkar perusahaan walaupun anda baru saja ingin memulai bisnis baru. Dengan cara ini, keputusan anda tentang pertumbuhan bisnis anda bisa saja menarik investor. Banyak pengusaha baru tidak berpikir tentang bagaimana mereka akan mengembalikan waktu dan uang mereka. Mereka hanya mencari segala sesuatu yang akan bekerja pada akhirnya. Tetapi jika Anda menganggap Anda akan dengan mudah dapat menjual bisnis Anda kapan pun Anda siap untuk melanjutkan, Anda salah. Hanya sekitar 10% dari bisnis yang disiapkan untuk penjualan benar-benar bisa dijual.
5. Tidak mendapatkan dukungan keluarga, teman dan pasangan
Hal ini sangat penting. Dukungan dari orang yang anda cintai sangat mempengaruhi psikologi anda maupun mempengaruhi kemajuan bisnis anda. Anda juga dapat mendapatkan pelanggan dari koneksi orang yang anda cintai. Memulai bisnis membutuhkan pola pikir all the time dan gaya hidup, setidaknya pada awalnya. Semakin banyak orang yang Anda cintai memahami hal ini, semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil dan hubungan Anda akan tetap terjaga.
Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain

Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya

DAN LAIN LAIN

Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin
Wassalam





Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: