Marketing plan yang baik
Meskipun business plan Anda secara umum menguraikan seluruh
aspek bisnis, marketing plan tetap punya fokus khusus, dan secara lebih rinci,
hanya pada satu fungsi. Ketika pemilik bisnis ingin lebih detail pada strategi
pemasaran, mereka mungkin akan menyusun rencana secara rinci yang menguraikan
tujuan pemasaran mereka – serta
langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.
Komponen standar dari marketing plan yang baik dapat
bervariasi tergantung pada bisnisnya. Berikut ini adalah lima langkah yang
paling efektif untuk membuatnya:
Langkah Satu:
Lihatlah ke dalam.
Pikirkan perusahaan Anda seolah-olah seseorang dengan
kepribadian dan identitas yang unik. Dengan itu dalam pikiran, buatlah daftar
untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan tujuan. Masukkan semuanya dan
buat daftar besar. Jangan mengedit atau menolak beberapa hal dulu.
Kemudian, mencari prioritas di antara poin-poin tadi. Jika
ini telah dilakukan dengan benar, Anda akan memiliki lebih dari yang
dibutuhkan, dan beberapa yang lebih penting daripada yang lain. Kurangi
beberapa aspek yang kurang penting dari daftar dan pindahkan yang penting ke
atas.Terkadang ini membutuhkan masukan dari manajer juga.
Langkah Kedua:
Lihatlah ke luar.
Daftar berikutnya yang dibutuhkan untuk membuat garis besar
ancaman dan peluang bisnis Anda. Pikirkan bisnis dari sisi eksternal – faktor
yang tidak dapat Anda kendalikan, tetapi dapat diprediksi. Peluang dapat
mencakup pasar baru, produk baru dan tren yang mendukung bisnis Anda. Ancaman
meliputi kompetisi dan kemajuan teknologi yang menempatkan Anda pada posisi
yang kurang menguntungkan.
Juga buatlah daftar orang-orang atau organisasi yang
berpotensi sebagai pelanggan atau menentukan target pasar ideal. Anda harus
mempertimbangkan dengan matang seperti apa orang-orang ini. Tempatkan diri pada
posisi masing-masing pembeli yang ideal dan kemudian pikirkan media apa yang
mereka gunakan dan berkomunikasi seperti apa yang paling efektif.
Langkah Tiga: Fokus
pada strategi.
Sekarang saatnya untuk menarik daftar tadi bersamaan.
Carilah persimpangan identitas unik Anda dan target pasar Anda. Dalam hal
penawaran bisnis, apa yang dapat dikeluarkan dari daftar karena tidak
strategis? Kemudian berpikir tentang mengganti orang-orang yang tidak berada
dalam target pasar.
Sebagai contoh, sebuah bisnis restoran difokuskan pada
makanan sehat dan organik mungkin akan melayani orang-orang yang lebih selaras
dengan tren hijau dan berpenghasilan lebih tinggi dari rata-rata. Jadi, mungkin
lebih baik mengesampingkan orang-orang yang lebih suka makan makanan cepat saji
seperti hamburger dan pizza, dan yang mencari barang murah. Hasil langkah
ketiga adalah strategi: Persempit fokus pada apa yang paling sejalan dengan
identitas Anda dan paling menarik bagi target pasar.
Langkah Empat: Mengatur
langkah terukur.
Masuk ke rincian yang konkrit dan terukur. Strategi
pemasaran Anda harus menjadi rencana yang mencakup tinjauan, pelacakan dan
pengukuran, perkiraan penjualan, anggaran biaya dan metrik bulanan untuk
melacak kemajuan. Ini bisa saja termasuk rekomendasi, presentasi, panggilan
telepon, link, posting blog, tampilan halaman, tingkat konversi, dan proposal.
Sesuaikan tugas-tugas penting kepada orang-orang dalam tim
Anda dan biarkan mereka bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan mereka.
Langkah Kelima:
Tinjau dan revisi sesering mungkin.
Sama seperti dengan rencana bisnis, rencana pemasaran harus
terus berkembang bersama dengan bisnis Anda. Asumsi akan berubah, sehingga
adaptasikan dengan perubahan situasi bisnis. Beberapa bagian dari rencananya
juga akan bekerja lebih baik daripada yang lain, jadi meninjau dan merevisi
sesering mungkin diperlukan untuk mengakomodasi segala perubahan setelah bisnis
berjalan.
Apakah marketing plan Anda sudah meliputi hal-hal di atas?
Intinya, marketing plan harus dibuat sebelum bisnis berjalan, tetapi harus
fleksibel. Karena kondisi saat bisnis belum berjalan dan ketika sudah berjalan
pasti berbeda. Tidak semua prediksi Anda selalu benar, jadi Anda harus bisa
menyesuaikan situasi dan kondisi.
Di dalam website ini banyak sekali
informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain
|
|||
Dan masih banyak lagi link link
yang bermanfaat contohnya
|
|||
DAN
LAIN LAIN
|
|||
Semoga
link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita
tekuni.. amin
|
|||
Wassalam
|
Ingin lebih
mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca
artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Post A Comment:
0 comments: