Wirausaha modal kecil


Para pemilik wirausaha modal kecil, biasanya Anda akan mengerjakan semuanya sendirian secara merangkap di berbagai bidang. Mulai dari pengembangan produk, layanan pelanggan hingga manajemen sumber daya manusia. Tapi bagaimana Anda bisa sukses dengan bisnis jika Anda fokus pada terlalu banyak hal setiap harinya? Berikut ini tips-tips yang akan tim  bagikan untuk Anda.
1.  Lakukan apa pun untuk mencapai keseimbangan kerja dan hidup yang sulit dipahami
Paksa diri Anda untuk mengambil hari libur, jadwalkan liburan nyata, dan, selain itu, ingat mengapa  Anda memulai bisnis di tempat pertama. Mungkin Anda berada di tempat yang dekat dengan rumah, tetapi jika Anda hampir tidak mengenali anak-anak dan kehidupan kerja Anda mengambil semua kehidupan pribadi, sudah saatnya untuk mengevaluasi kembali prioritas. Sebagai pemilik wirausaha modal kecil, penting untuk bisa mengatur kehidupan pribadi. Memulai wirausaha modal kecil memang membutuhkan kerja keras. Tapi jika kita mau bekerja keras dan menekuni bisnis ini, pasti akan ada hasil yang setimpal pula.
2.  Cari mitra
Sementara banyak pengusaha yang otonom dengan sifatnya, ada benarnya kata pepatah bahwa dua kepala lebih baik daripada satu. Seorang mitra bisnis yang dipilih dengan hati-hati dapat menjadi sumber ide, pendengar, bantuan tenaga, dan mitra untuk kekuatan dan kelemahan manajemen Anda sendiri.
3.  Selalu tahu bagaimana posisi finansial Anda
Yang satu ini mungkin tampak jelas, tapi banyak wirausaha modal kecil yang gagal karena pemiliknya, meskipun para ahli telah menekankan kapan dan bagaimana cara pengelolaan uang. Buatlah detail laporan laba rugi yang menunjukkan pendapatan dan pengeluaran, dan selalu tepat waktu membayar pinjaman, kredit usaha kecil, dan hutang-hutang lain, serta penagihan dan piutang.
4.  Tetap pada bisnis inti Anda
Kembangkan seperangkat prinsip bisnis inti, lalu jalankan berdasar prinsip tersebut. Mulailah dengan mengidentifikasi masalah penjualan (produk atau jasa Anda yang membedakan dengan perusahaan lain) dan mendefinisikan siapa pelanggan utama Anda (dan yang tidak). Jika Anda mengalami kesulitan berkomitmen pada satu layanan atau pasar inti, pertimbangkan untuk bekerja dengan sebuah konsultan bisnis sampai dapat berjalan lancar.
5.  Jangan buang-buang waktu pada tugas yang bisa didelegasikan
Jika Anda masih melakukan pembukuan, membayar pajak sendiri dan mengelola jadwal kerja di halaman excel yang rumit, Anda mungkin tidak menggunakan waktu seefisien mungkin. Pertimbangkan untuk menyewa seseorang untuk bekerja paruh waktu pada pembukuan, akuntan, dan menggunakan aplikasi penjadwalan online untuk membiarkan karyawan mengelola jadwal mereka sendiri. Anda bahkan bisa juga melakukan outsourcing pada berbagai bidang. Pikirkan seberapa banyak waktu untuk melakukan tugas-tugas tersebut, dan Anda bisa menghabiskan waktu untuk pekerjaan penting lainnya.

6.  Berinvestasi dalam memperbaiki diri
Jika ada area utama pada bisnis Anda yang kurang, temukan cara untuk membuatnya tertutupi. Bekerja dengan seorang pelatih bisnis untuk menetapkan dan mencapai tujuan yang realistis. Carilah loka karya atau webinar tentang strategi penjualan atau manajemen hubungan pelanggan. Bicaralah dengan orang lain di industri yang sama tentang alat dan teknologi yang membantu menghemat waktu dan uang, kemudian berinvestasi dalam pelatihan pada orang-orang yang mungkin bermanfaat. Ketahui kapan harus memanggil para ahli yang dapat membantu Anda bergerak keluar zona nyaman untuk menjadi seorang manajer bisnis yang lebih baik.
7. Ciptakan budaya kerja yang sesuai dengan Anda
Usaha kecil sangat penting bagi masyarakat lokal dan ekonomi nasional kita, tetapi bisnis kecil dan bisnis keluarga terkenal sulit untuk dilakukan, terlebih karena dinamika rumit yang sering muncul di antara prinsip perusahaan. Jika Anda memiliki satu atau lebih mitra bisnis, diskusikan segala perbedaan di balik pintu tertutup dan sajikan kekompakan Anda kepada pelanggan Anda, bahkan meski Anda adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab. Apakah karyawan tersenyum dan energik, atau tegang dan stress? Jika Anda tidak menyukai yang Anda lihat, minta umpan balik, dan bersedialah untuk bertindak berdasar umpan balik yang Anda terima itu.
8. Tetapkan tujuan spesifik, kemudian tinjau mereka
Anda sibuk sepanjang hari, setiap hari. Namun, apakah Anda bergerak ke arah yang benar, atau hanya mengikuti siklus yang selama ini sudah ada? Luangkan waktu setiap triwulan, atau setidaknya sekali setahun, untuk meninjau tujuan yang telah ditetapkan untuk wirausaha modal kecil Anda, ukur kemajuan ke arah tujuan tersebut, kemudian lakukan penyesuaian seperlunya.
9.  Pekerjakan karyawan yang hebat, lalu biarkan ia bekerja
Memang terkadang menakutkan untuk menyewa dan bekerja dengan orang-orang yang Anda cukup yakin lebih cerdas dari Anda. Tapi yang penting, Anda harus bisa menjaga informasi kunci tentang bisnis. Latihlah karyawan dengan baik, dengarkan ide-ide mereka, dan biarkan diri Anda beralih ke kegiatan strategis seperti perencanaan pertumbuhan dan pengembangan bisnis yang akan memastikan kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang.
10. Buatlah sistem yang dapat berjalan tanpa Anda
Sebagai pemilik wirausaha modal kecil, berarti Anda memberikan jiwa, pikiran, hati, dan tenaga yang membuat bisnis berjalan, sehingga ide dari perusahaan dapat berjalan tanpa Anda. Tapi yang sulit dari itu adalah untuk melepaskan kontrol, padahal itu sangat penting jika bisnis semakin tumbuh. Dalam sehari ada berjam-jam yang kita lalui, dan hanya satu orang yang dapat melakukan begitu banyak hal. Pastikan bahwa informasi dan pengetahuan yang Anda miliki ada di tempat lain selain otak Anda. Jika ada ketrampilan penting yang hanya Anda yang memiliki, latihlah orang-orang Anda untuk melakukannya dengan lebih baik, dan lihat betapa cepat perusahaan Anda dapat bergerak ketika banyak tangan yang dapat menangani pekerjaan penting.
Jangan sampai Anda mudah menyerah dengan hambatan-hambatan yang muncul selama menjalankan bisnis. Untuk menunjukkan profesionalitas Anda sebagai pebisnis, Anda bisa membuat kartu nama. Semoga tips-tips di atas dapat Anda jadikan pemicu untuk terus maju. Untuk
Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain

Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya

DAN LAIN LAIN

Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin
Wassalam



Ingin lebih mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: