Mengoptimalkan Media Sosial untuk Strategi Pemasaran
Membuat akun Twitter dan Facebook bukanlah suatu hal yang
sulit. Namun, lain halnya jika percakapan dengan orang lain di jejaring sosial
tersebut tidak didukung dengan konten dan strategi pemasaran yang benar. Konten sangat berperan menjalankan website
sebuah bisnis. Konten lah yang dapat membuat percakapan dengan pelanggan, baik
saat ini atau pun di masa mendatang. Evolusi strategi pemasaran melalui konten
di website maupun media sosial telah menjadi cara baru untuk mencapai target
mendapatkan pelanggan yang tepat. Mereka dapat melihat dan membaca melalui RSS
feed, blog, infografis, video, dan bentuk konten digital lainnya.
Strategi pemasaran seperti ini harus selalu diperbarui
secara terus-menerus dan memperluas konten pemasaran melalui media sosial
dengan cara-cara di bawah ini:
1. Perkuat Strategi Pemasaran Melalui Konten
Media Sosial
Meliputi 3 tahap penting:
- Partisipasi
Melibatkan followers di media sosial merupakan hal yang
sangat penting. Baik mereka adalah pimpinan di sebuah industri atau pun
pelanggan biasa, konten yang mereka hasilkan untuk page Anda akan lebih
bermakna dan penuh ide-ide penting daripada yang Anda buat sendiri.
- Antisipasi
Buatlah konten yang berurutan dalam strategi pemasaran
melalui media sosial Anda. Bisa saja berupa potongan video, atau potongan
artikel dan gambar mengenai bisnis Anda agar menjadi teka-teki dan membuat
orang menarik. Konten yang baik adalah konten yang memunculkan rasa antisipasi
apa yang akan muncul berikutnya.
- Koordinasi
Memanfaatkan media sosial bukan hanya untuk menambah jumlah
friends, followers, atau fans saja. Media sosial memungkinkan Anda untuk
melibatkan hubungan yang saling menguntungkan dengan mereka. Perencanaan konten
yang melibatkan mereka dapat memberikan rasa memiliki yang sangat besar.
2. ‘Share’ Konten Beberapa Kali
Share posting di blog Anda beberapa kali akan memberi
setidaknya tiga manfaat:
- Memaksimalkan traffic melalui media sosial: Sharing konten
di media sosial lebih dari satu kali dan dengan cara yang berbeda-beda akan
meningkatkan traffic di media sosial Anda. Jumlah pengunjung di page Anda akan
meningkat setiap ada konten baru.
- Mendapatkan pengunjung dari periode berbeda: Posting
konten beberapa kali membantu Anda mendapatkan pengunjung pada periode yang
berbeda, misalkan posting pada tahun sebelumnya, diposting kembali di tahun
ini, maka pengunjung baru di tahun ini akan melihat konten tersebut.
- Follower baru: Jika Anda posting artikel lama, mungkin
beberapa follower baru pertama kali membaca. Walaupun bukan artikel baru, tapi
mereka mungkin mendapatkan nilai yang berarti dari artikel tersebut.
Pertimbangkan menggunakan tools yang tersedia di Twitter untuk memantau
pertumbuhan jumlah follower. Hal ini dapat membantu mengetahui saat yang tepat
untuk posting artikel lama.
3. Tuan Rumah Pada Obrolan Twitter
Percakapan di Twitter merupakan cara yang bagus untuk
membangun hubungan dengan follower lama dan calon klien yang prospektif melalui
berbagai topik. Hal itu juga dapat meningkatkan pembaca konten Anda dan membuat
momen baru dengan berbagi solusi, petunjuk, dan tips yang bermanfaat. Ada empat
tahapan penting membuat obrolan efektif di Twitter:
- Kumpulkan informasi: Informasi yang dikumpulkan dapat
dimanfaatkan untuk membuat konten baru dan ide-ide yang bagus. Partisipan akan
muncul dan membantu mengidentifikasi apa yang terjadi dalam sebuah industri,
dan berbagi wawasan serta peluang baru untuk membantu bisnis Anda.
- Kembangkan konten: Setelah mendapatkan ide-ide, buatlah
konten baru dan share di media sosial. Anda juga dapat mengidentifikasi masalah
dan solusi yang dibutuhkan dengan panduan artikel atau video.
- Tinjau kembali tujuan konten: Setelah membuat konten, buat
kembali agar lebih segar dan menjaga kelangsungan bisnis Anda. Jika ada konten
bernilai yang perlu sedikit modifikasi, dan sajikan dengan metode baru kepada
followers, dan secara otomatis mereka akan dengan senang hati menerima.
- Review isi konten: Review konten membantu mengidentifikasi
apakah ada atau tidak konten yang berdampak positif ataupun negatif. Hal ini
akan membantu Anda mengetahui betapa berharganya informasi untuk konten.
4. Manfaatkan Share di Facebook
- Dengarkan isu sosial: Buatlah hashtag untuk mengetahui
bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand
Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.
- Tingkatkan konten sosial media untuk berbagi : Pahami
bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang
lain.
- Buat target demografis tertentu: Semakin spesifik target,
maka merek akan semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk fokus
pada orang-orang yang benar-benar tertarik pada merek Anda.
- Gunakan langkah atraktif untuk menarik pelanggan: Memiliki
konten yang bernilai dan memungkinkan pembaca berbagi konten tersebut adalah
cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan menarik pembeli yang potensial.
Setelah pelanggan meng’klik’ dan share konten Anda, maka teman-teman mereka pun
akan tertarik untuk meng’klik’ dan berbagi pada orang lain.
5.
Gunakan LinkedIn untuk Mengirim Konten
LinkedIn adalah konten pemasaran yang sangat kuat. Ini
adalah cara yang ampuh untuk mengirimkan konten pada orang lain. Tetapi
sebelumnya, Anda harus kenali pengunjung, dengan mengetahui:
- Lokasi geografis, terutama jika Anda ingin mengunjungi
pengunjung yang unik
- Apa yang mereka inginkan
- Tentang keluarga mereka, masyarakat, dan apa peran mereka
di tempat kerja
6. Google Autorship Adalah Suatu Keharusan
Google Autorship bukan sekedar melampirkan foto atau gambar
pada konten dalam mesin pencari Google. Setelah Anda terhubung dengan Google
Autorship melalui Google+, maka akan terhubung antara konten dan penulisnya.
Hal ini memungkinkan Google untuk mengidentifikasi kualitas, dan penulis
konten.
Langkah-langkah tadi tidak diragukan lagi dapat menjadi
strategi pemasaran yang baik. Optimalkan media sosial yang ada untuk
meningkatkan penjualan. Ada baiknya Anda juga membuat business plan, untuk
mengetahui rencana bisnis apa saja yang akan dilakukan. Tampilkan produk-produk
Anda dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan hanya dengan melihat media
sosial Anda.
Di dalam website ini banyak sekali
informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain
|
|||
|
|||
Dan masih banyak lagi link link
yang bermanfaat contohnya
|
|||
|
|||
DAN
LAIN LAIN
|
|
||
Semoga
link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita
tekuni.. amin
|
|||
Wassalam
|
|
|
Post A Comment:
0 comments: