Kalau kita membahas tentang algoritma google tentu saja kita
akan bosan dan belum lagi bagaimana caranya untuk bisa menyesuaikan situs kita
agar bisa di terima oleh algoritma google, bagi kalangan penikmat seo algoritma
dan seo adalah tantangan yang tidak bisa di anggap remeh, mungkin bisa saya
katakan bahwa ahli seo harus pandai untuk meriset perkembangan pada google,
perlu kita ketahui ketika ada perubahan pada algoritma, google tidak langsung
memberitakan hal ini karena kalau berita ini langsung di terbitkan maka pasti
banyak kalangan seo pro dan kontra, untuk itulah sebenarnya google selalu
menyembunyikan tentang update algoritma.
Sebelum kita beranjak kepada algoritma sebaiknya kita pahami
dulu apa itu algoritma. Algoritma adalah sistematik yang rumit yang di
kembangkan oleh beberapa pakar seo dan di aplikasikan dalam bentuk pencarian,
pada dasarnya algoritma di ciptakan untuk menampilkan apa yang di minta oleh
pengguna internet dan hasilnya disuguhkan kepada pengguna juga, tidak hanya
untuk mensajikan permintaan saja, algoritma juga berfungsi untuk mengatur dan
semua hasil penemuan pada website, jadi bisa dikatakan hal ini sangatlah rumit.
intinya algoritma adalah otak dari pada google bot.
Perubahan Algoritma Google Panda, Penguin dan
Hummingbird-buka info
Revolusi pertama kali diperkenalkan oleh google ketika itu
namanya google kafein, sejak itulah google terus berusaha dan berinovasi pada
mesin pencarinya, terbukti dengan
beberapa update algoritmanya yaitu panda, penguin dan yng terakhir adalah
hummingbird yang masih di rasakan oleh beberapa blog ketika di update.
Saya akan mengambil poin dari semua algoritma google dan
silahkan anda pahami lebih dalam agar blog anda aman, tidak takut dengan
algoritma google serta disukai oleh google, saya akan menguak pada algoritma
panda dahulu karena panda merupakan algoritma pertama kali yang di terbitkan
oleh google.
Contents [show]
A. ALGORITMA GOOGLE
PANDA
Di kenalkan pada 23 Februari 2011, dampak pertama kali
algoritma panda sangat mempengaruhi serp dan banyak kalangan seo yang protes
tentang algoritma panda pasalnya banyak website dibuang jauh dari serp dan
bahkan ada beberapa webite di hapus dari serp, saat itu pakar seo berpikir
bahwa panda bekerja untuk menghentikan backlink yang tidak wajar namun anggapan
itu tidak benar karena panda di update untuk menyeleksi kualitas konten pada
situs, hal ini menimbulkan kecaman yang hebat karena algoritma ini sangat membabi
buta semua artikel yang tidak berkualitas dan artikel yang di ambil dari hasil
copy paste.
Banyak pertanyaan yang di ajukan pada algoritma panda
akhirnya dari pihak google mengutarakan tentang algoritma panda poinnya adalah
:
1. Situs yang mempunyai konten kualitas rendah tidak akan
menempati pada serp yang baik karena panda berfokus pada konten di sajikan
untuk pengalaman pengguna, faktor untuk mengembalikan dampak dari algoritma
panda adalah dengan membuat konten unik dan hanya untuk pengalaman pengguna,
pada tahun ini panda juga memberi dampak sangat besar pada update panda v.4.
untuk itu silahkan perbaiki situs anda agar bisa diterima lagi oleh google.
2. Duplikat Konten adalah salah satu situs hanya mensajikan
kualitas konten rendah, pada update panda kualitas konten dan duplikat konten
sangat di perhatikan, banyak beranggapan bahwa duplikat konten adalah hal biasa
namun sebenarnya duplikat konten adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh
pengguna internet, artikel akan terkesan sangat menjenuhkan dan tidak menambah
pengalaman pengguna yang baik, untuk itu pastikan bahwa konten anda tidak
terdapat adanya plagiaris atau duplikat konten.
3. Konten Lemah : banyak kasus konten hanya berfokus pada
mesin pencari adalah incaran algoritma panda, karena konten yang berfokus pada
masin pencari mereka bertindak hanya untuk mendatang trafik saja tanpa
memberikan pengalaman pengguna yang baik.
Untuk bisa keluar dari jeratan panda hal yang harus anda
lakukan perbarui situs anda hanya untuk pengalaman pengguna seperti yang sudah
saya sampaikan bahwa algoritma panda lebih berfokus pda konten.
B. ALGORITMA GOOGLE
PENGUIN
Algoritma google berikutnya yaitu penguin dan di luncurkan
pada tanggal 24 April 2012. Penguin di luncurkan untuk memfilter pada situs
yang mempunyai backlink tidak wajar untuk mengambil keuntungan dari google,
saat itu memang banyak situs hanya berusaha menyepam saja tanpa harus
mensajikan pengalaman pengguna.
Banyak situs yang di sapu oleh google penguin saat itu karena
mereka terang-terangan memborbardir backlink secara brutal, tanpa melihat
kualitas dan relevansi backlink. tidak bisa di pungkiri kalau backlink adalah
hal seo yang di perlukan oleh situs namun maraknya spamming google makin resah dan akhirnya google update
algoritma penguin.
Penguin adalah filter seperti algoritma Panda. Artinya adalah
algoritma tersebut kembali berjalan secara periodik dan terakhir di upadate
pada 4 Oktober 2013. bagaimana cara menghindari dan pulihdari algoritma penguin
:
1. Buatlah backlink natural dan wajar sesuai dengan kebutuhan
situs anda, memberi backlink yang tidak wajar akan membuat situs anda masuk
dalam list algoritma panda.
2. Perhatikan otoritas domain anda untuk membuat backlink
karena otoritas domain adalah ukuran atau barometer google, kalau backlink dan
otoritas domain terdeteksi tidak wajar maka bisa di pastikan situs anda akan
menjadi incaran algoritma penguin.
3. Backlink yang relevan adalah acara keluar dari jeratan
penguin, karena banyak situs yang tidak memperhatikan hal ini mereka tidak
pernah tahu bagaimana caranya membuat becklink relevan, sebetulnya mudah namun
mereka kemungkinan besar tidak mau untuk menggunakan metode ini, karena memang
membuat backlink yang relevan harus memilah dan memilih situs serta artikel
yang berkualitas. namun kalau anda tidak pernah untuk kembali ke jalan seo yang
benar maka anda akan terus di hantui oleh algoritma google penguin.
C. ALGORITMA GOOGLE
HUMMINGBIRD
Algoritma google ke tiga adalah hummingbird yang banyak di
bincangkan oleh semua pakar seo untuk tahun ini, banyak yang memprediksi kalau
algoritma panda fokus pada kualitas konten namun semua itu salah karena
algoritma untuk menangani tentang konten berkualitas masih di pegang oleh
algoritma panda, dan banyak yang mengatakan kalau algoritma hummingbird di
luncurkan untuk memfilter backlink tidak wajar, namun lagi-lagi anggapan ini
masih salah karena algoritma penguin masih di update pada akhir tahun 2013. lantas
untuk apa sebenarnya algoritma hummingbird?
Algoritma google Hummingbird di luncurkan pada tanggal 26
September 2013, namun sebenarnya perubahan algoritma hummingbird sudah di
gunakan pada bulan agustus 2013. saat itu ada perubahan besar pada pencarian
seperti yang saya katakan di atas semua pakar seo memprediksi adanya update
penguin dan panda pada saat itu, namun semua itu salah, kalau google sudah
meluncurkan google hummingbird. Tujuan dari algoritma Hummingbird adalah Google
lebih memahami permintaan pengguna. Bill Slawski menjelaskan bahwa ketika seseorang mencari
“tempat akan apa yang paling enak di kota nganjuk?”, Hummingbird mampu
membedakan bahwa dengan kata “tempat” pengguna mungkin akan tertarik pada hasil
pencarian “restoran“. Banyak spekulasi bahwa perubahan ini diperlukan agar
pencarian Google Voice menjadi lebih efektif. Poin dan tujuan dari algoritma
Hummingbird adalah untuk lebih memahami tentang pencarian pengguna untuk
mendapatkan hasil yang baik.
Apa yang harus kita lakukan agar bisa beradaptasi dengan
perubahan algoritma hummingbird? tidak lain dan tidak bukan kita harus lebih
berfokus pada konten yang hanya disajikan untuk pengalaman pengguna, seperti
yang sudah saya katakan diatas kemungkinan besar melalui google voice orang akan
lebih suka dari pada harus mengetik dahulu. itulah tujuan dari algoritma google
panda, penguin dan hummingbird semua dilakukan untuk pengguna bukan untuk
pemilik situs atau ahli seo. semoga artikel ini bisa menjawab anda yang masih
bingung tentang algoritma google.ARTIKEL
SEO
Ingin lebih
mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca
artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Post A Comment:
0 comments: