Banyak Blogger pemulayang masih bingung karena blog atau web mereka tidak di index google atau mesin pencari yang lain seperti mesin bing.com, mesin yandex.com, mesin ask.com dan alin-lain, yang sebenernya semua mesin pencari sudah mengcrawling web anda namun mungkin untuk proses yang nampak diserp belum juga nampak. robots bot atau spiders bot selalu merangkak ke website walaupun blog atau web belum didaftarkan ke webmaster. tentu saja untuk pengindeksian akan berbeda sekali kalau kita belum mendaftarkan blog kita ke webmaster.

Kenapa Blog atau Web tidak di Index Google-buka infoGoogle yang menjadi Super Power segala mesin pencari mempunyai robot bot yang cukup handal untuk mendeteksi adanya web atau yang baru, sekali robot bot ini singgah ke web atau blog secara real time akan mengcrawling semua halaman website, terkecuali kalau memang anda sendiri membatasi crawling robot bot ini dengan membuat file derektory yang dinamakan robots txt. agar blog anda bisa diindex dengan benar jangan pernah membuat file robot txt yang akan membatasi crawling bot ke web. namun jika anda tidak ingin blog anda dicrawling silahkan buat file robts txt agar spider bot tidak mengunjungi blog anda. untuk lebih mengenal tentang mesin pencari silahkan buka halaman : Pengertian mesin penelusur

Bicara kenapa blog atau web tidak di index Webmaster
Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwasanya robot google sudah mengcrawling semua halaman namun mungkin saja belum menampilkan diserp. untuk menjawab pertanyaan ini silahkan ikuti beberapa tips kami dan ini merupakan solusi agar blog atau web anda bisa mendapatkan serp dihalaman google. berikut ini yang harus anda lakukan.

DAFTARKAN BLOG ANDA DI WEBMASTER

Agar blog atau web anda cepat mempunyai posisi yang baik dihalaman serp silahkan daftarkan blog anda ke webmaster. hal ini agar proses pengindeksian agar lebih cepat. webmater yang umun digunakan adalah google webmmaster, bing webmaster, yandex webmaster dan kalau ingin tahu lebih lagi silahkan untuk browsing.

Mengenai kesamua webmater diatas tetap yang paling handal adalah google karena dengan beberapa jam saja sudah dipastikan blog anda akan ada diserp. untuk webmaster yang lain, proses crawling akan membutuhkan proses yang lama mungkin bisa satu hari, satu bulan bahkan ada yang tahunan. karena inilah kenapa google selalu dicintai oleh para blogger.

Setelah anda mendafatarkan blog anda ke webmaster jangan lupa untuk memverifikasi blog anda biasanya yang umum anda diminta untuk menanam atau menaruh kode meta tag di haeder. hal ini dilakukan agar mempermudah crawling robot bot. setelah anda memverifikasi dan berhasil sekarang waktunya optimasi webmaster agar lebih cepat lagi proses pengindeksian. ini yang harus anda lakukan:

1. Submit Sitemap
Kirim sitemap atau peta situs anda ke webmaster hal ini akan mempermudah robot bot untuk merangkak lebih jauh ke blog anda, biasanya file peta situ berupa file xml, RSS, Feed dan ATOM. ini yang harus anda lakukan dengan benar. jangan sampai salah untuk menggunakan sitemap ini karena kalau anda salah submit bukannya blog anda akan diindex namun malah sebaliknya.

2. Kirim URL atau Link
Penting yang harus anda ketahui untuk mengirim url atau link situs anda adalah proses awal untuk robot txt mengcrawling blog anda. hal ini sangat dianjurkan oleh beberapa webmaster sperti google, bing, yandex dan yang lainnya. penulusuran robot bot akan mudah dengan anda mengirim url atau link ini. jadi yang harus anda lakukan seperti ini.

3. Membuat File Robot TXT
Hal ini sangat diperlukan sekali untuk memberi signal robot spider bagaimana seharunya robot spider merangkak di blog anda, jadi buat file robots txt ini sedemikian rupa agar robot spider jelas dimana harus dicrawling dan dimana harus dihentikan. saya kira semua semua patform sudah menyediakan untuk mengelola file robots txt ini. misalnya di blogspot, wordpress dan bayak lagi.

4. Buat Struktur data Markup
Hal yang lainnya adalah membuat atau memperbarui data markup diwebsite anda, hal ini akan mempermudah robot bot menentukan dari mana seharusnya dia merangkak. data markup ini sendiri merupakan optimasi seo onpage yang sudah kita kenal yaitu BreadCumb. Buat anda yang belum memanfaatkan hal ini sekarang waktunya anda menggunakannya. karena hal ini sangat diharuskan bagi anda pengelola website agar blog atau web anda cepat diindex oleh webmaster.

Dari 4 hal diatas kalau anda sudah melakukan semuanya sekarang waktunya anda menunggu hingga satu bulan lamanya. silahkan lihat hasilnya apakah sudha diindex atau belum kalau memang belum diindex setelah anda optimasi semuanya anda bisa berkomentar dibawah ini. semoga artikel ini bisa membantu anda serta menjadi solusi untuk memecahkan masalah kenapa blog atau web anda tidak diindex oleh mesin pencari.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: