kaos-dakwahKAOS DAKWAH : Setelah sebelumnya saya pernah membahas tentang bagaimana membuat elemen website SEO friendly, kali ini saya akan membahas cara mengoptimalkan posting anda agar SEO friendly. Bahasan ini tidak kalah pentingnya karena tips-tips dibawah dapat membuat posting anda menjadi urutan pertama di pencarian. Tidak percaya? Buktikan sendiri!.Konten yang dioptimalkan, dapat meningkatkan kualitasnya di mata mesin pencari. Tentu saja, hal ini juga dapat memberikan efek yang baik bagi website anda kedepannya. Konten yang bagus dapat memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa websitenya juga bagus.
Cara menulis artikel SEO friendly

Perlu anda ketahui, bahwa ada 2 jenis posting dibagi dari peruntukannya. Posting yang bagus untuk mesin pencari dan posting yang bagus untuk pembaca. Terkadang, posting yang dioptimasi untuk mesin pencari seringkali tidak bagus untuk pembaca, karena kalimat-kalimatnya yang difokuskan membidik keyword/kata kunci. Tapi, ketahuilah bahwa itu SEO yang sudah jadul, kuno. SEO masa kini memberi penilaian bahwa konten yang bagus adalah konten yang baik dari sisi SEO, namun tetap enak untuk dibaca.

Lalu, bagaimana membuatnya? 15 cara berikut ini mungkin bisa menjadi solusi untuk anda :

1. Gunakan Judul Yang Panjang, Deskriptif & Mengandung Kata Kunci Utama
Judul yang baik untuk sebuah posting adalah yang menggambarkan isi posting tersebut secara keseluruhan dan mengandung kata kunci utama. Panjang judul juga harus anda perhatikan. Menurut Neil Patel (Pakar SEO Internasional), panjang Heading tag (termasuk judul blog) yang bagus berkisar antar 15 – 65 karakter. Nah, buatlah judul posting anda dengan kisaran jumlah karakter tersebut.
2. Kostumisasi URL Permalink
URL permalink adalah alamat yang tetap untuk sebuah halaman di website. Baik di blogger maupun wordpress, struktur maupun kata-kata di permalink ini bisa di kostumisasi sesuka hati.
mengubah permalink di blogger
mengubah permalink di blogger
mengubah permalink di wordpress
mengubah permalink di wordpress
Ubahlah permalink yang dibuat secara otomatis dengan kata kunci yang ada di posting anda. Bedakan dengan yang ada di judul. Masukkan kata kunci yang lain yang mendeskripsikan posting anda. Hal ini dapat memperkaya kata kunci artikel tanpa mengusik kenyamanan pembaca posting.
Lihatlah gambar dibawah. Tanpa harus saya jelaskan, anda pasti sudah tahu apa manfaatnya :).
contoh efek penggunaan kustom permalink
3. Gunakan Meta Deskripsi/ Deskripsi Pencarian
Di blogger, ada fitur deskripsi pencarian (Search description) saat membuat sebuah posting.

Fitur ini untuk menentukan deskripsi posting kita saat tampil di hasil pencarian. Gunakanlah kalimat utama yang benar-benar cocok dan mendeskripsikan posting anda untuk mengisinya. Hal ini akan membantu menaikkan posisi posting anda di mesin pencari. Jika anda menggunakan wordpress, plugin All in SEO pack bisa membantu anda untuk membuat deskripsi pencarian di tiap posting.
4. Penempatan Kata Kunci
Untuk penempatan kata kunci, letakkan di bagian awal dan akhir posting. Hal ini karena mesin pencari memprioritaskan awal dan akhir sebuah posting daripada dibagian tengah. Di bagian awal, biasanya orang memasukkan intro pembahasan. Sedangkan dibagian akhir biasanya untuk kesimpulan pembahasan.
5. Gunakan Alt Text Dan Title Pada Gambar
Jika di posting anda ada gambar, gunakanlah alt text (Alternative text) dan title textuntuk mendeskripsikan gambar apa itu. Alt text berfungsi untuk memberi tahu crawler gambar itu karena secara default tidak bisa merayapi dan mengenali gambar. Title gambar berguna untuk memberikan deskripsi kepada pembaca saat pointer mouse diletakkan pada gambar.
Untuk penggunaannya, di posting blogger : pilih gambar > klik gambar yang suda dimasukkan > klik link properties yang muncul di pojok kanan bawah > nanti ada tampilan seperti di bawah, lalu masukkan alt dan titlenya
memasukkan alt dan title gambar pada blogger
Sedangkan di posting wordpress : Editor posting > Klik add media > pilih gambar > lalu di sebelah kanan akan muncul seperti gambar dibawah. Masukkan title dan alt textnya.
memasukkan alt dan title gambar pada wordpress
6. Hindari Keyword Stuffing
Keyword stuffing adalah memasukkan keyword yang dituju sebanyak-banyaknya dan diulang-ulang di bagian isi posting. Dulu, keyword stuffing pernah dianggap sebagai cara untuk memperkaya kata kunci sehingga posting dapat posisi urutan 1 di mesin pencari. Namun, sekarang bukan!. Keyword stuffing sudah dinilai sebagai cara black hat dan spam oleh google. Walaupun mungkin awalnya cara ini berhasil, tapi kedepannya anda bisa kena penalti google panda karena dianggap spam.
7. Gunakan Heading/Sub Judul
Penggunaan Heading tag untuk sub judul(seperti yang saya lakukan) di dalam posting dapat membuat struktur html posting menjadi SEO friendly. Robot perayap memprioritaskan tag heading (h1 – h6) sebagai teks yang lebih penting dari teks lainnya. Tapi penggunaanya juga harus sewajarnya. Jangan teks biasa pada posting malah dijadikan heading, ini justru akan menjadi boomerang buat anda.
8. Gunakan Bold, Italic, Dan Underline Pada Kata Kunci
Penggunaan style bold, italic(teks miring), dan underline(garis bawah) memberikan informasi pada robot perayap bahwa teks ini lebih di prioritaskan. Prioritasnya memang lebih rendah dibanding heading, namun penggunaan pada kata kunci dalam paragraf bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan SEO posting blog anda. Namun, tentu saja gunakan seefektif mungkin pada kata yang memang pantas untuk diberikan style itu.
9. Taut/Link Pada Artikel Yang Relevan
Menautkan link artikel yang relevan dapat memberikan efek baik untuk posting anda. Baik itu internal linking maupun menautkan posting blog lain. Selain itu, pembaca juga akan merasa nyaman karena anda bersedia memberikan informasi yang lebih pada mereka. Namun, perlu diingat jika menautkan posting orang lain, anda harus melihat apakah blognya memiliki reputasi yang baik atau tidak. Jangan sembarangan menautkan link pada blog yang memiliki reputasi tidak baik di mesin pencari. Anda bisa kena dampaknya.
10. Menautkan Atau Ditautkan Pada Blog Yang Bagus
Hampir sama dengan nomor 9, anda harus menautkan blog yang memiliki peringkat bagus di mesin pencari. Selain itu, carilah juga cara agar posting anda bisa ditaukan dari blog yang berperingkat bagus di mesin pencari. Bisa dengan guest blogging, atau memberikan komentar di blog itu. Namun ingat, topiknya harus relevan!
11. Gunakan Anchor Link Yang Tepat
Masih mengenai link, gunakan teks anchor(teks yang ada linknya) link yang tepat dan deskriptif untuk menautkan di dalam posting maupun menautkan artikel anda di posting lain. Anchor link yang tidak sesuai dengan link artikel yang tidak sesuai dapat dianggap sebagai spam oleh robot perayap(crawler).
12. Panjang Artikel
Panjang isi artikel yang anda tulis juga harus diperhitungkan. Semakin panjang artikel akan semakin baik. Namun, tetap harus padat isi. Artikel yang panjang biasanya lebih mudah meningkat posisinya di mesin pencari karena lebih kaya kata kunci. Selain itu, robot perayap juga menilai konten yang panjang adalah salah satu faktor kualitas konten. Panjang konten standar yang baik adalah sekitar 200 – 1000 kata. Namun, jika anda bisa menulis lebih dari 1000 kata, itu akan lebih baik.
13. Jumlah Link
Kembali pada link, jumlah link yang ada pada konten jangan terlalu banyak. Link disini dalam artian link dofollow. Jumlah total link yang bagus di tiap halaman web(bukan di kontennya saja) tidak lebih dari 100 link. Hal ini karena dapat membuat robot perayap mesin pencari menerima perintah berlebihan untuk merayapi link-link ini. Hal ini bisa berefek tidak baik pada halaman posting kita.
14. Gunakan Kategori/Tag Yang Cocok
Gunakan pula kategori atau tag yang cocok untuk posting anda. Pengkategorian yang tepat bisa membantu perayapan yang efektif pula. Selain itu, kategori yang tepat bisa membantu pengunjung menemukan posting anda.
15. Kurangi Penggunaan Konten Yang Menggunakan Plugin
Konten yang anda sajikan sebaiknya berupa teks, gambar video HTML5. Sebaiknya jangan sajikan konten anda dalam bentuk pdf, swf dan yang lainnya karena membutuhkan plugin tambahan pada browser pengunjung. Secara resmi, google juga mengatakan bahwa penyajian konten yang membutuhkan plugin dapat memperlambat kecepatan loading dan itu tidak baik untuk SEO : https://developers.google.com/speed/docs/insights/AvoidPlugins.

Itulah 15 tips yang bisa saya bagikan kali ini. Jika anda punya pendapat lain, jangan sungkan untuk berkomentar. Dan jika menurut anda bermanfaat, bagikan kepada teman anda lewat social media. Sekian dan terima kasih.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

1 comments: