Bagi para pemilik usaha, kenaikan angka penjualan tentunya
menjadi hal yang didamba-dambakan. Berbagai kegiatan marketing dijalankan
sehingga bukan hanya untuk meningkatkan brand awareness saja, namun juga
meningkatnya keuntungan yang diperoleh. Bagi Anda yang sudah melakukan kegiatan
marketing secara online, Anda pastinya juga akan memerlukan sarana kegiatan
marketing lain yakni, email.
Dengan data berupa alamat email pelanggan Anda yang telah
Anda dapatkan melalui kegiatan marketing sebelumnya, Anda dapat menggunakan
layanan pengiriman email massal seperti Mail Chimp, Get Response dan lain-lain
untuk memperluas media pelaksanaan kegiatan marketing Anda. Ingin tahu
bagaimana caranya? Simak 7 cara efektif meningkatkan penjualan melalui email di
berikut ini!
1. Rencanakan Campaign Anda
Agar email yang Anda kirimkan efektif, Anda harus mengetahui
apa saja yang menjadi tujuan Anda dalam melakukan kegiatan marketing melalui
email. Agar kegiatan online marketing menjadi lebih praktis, Anda juga harus
memperhatikan dan melakukan beberapa hal seperti:
- Buat daftar tujuan dengan detail
Dengan daftar tujuan yang terperinci, Anda dapat
membayangkan hal apa saja yang akan Anda sampaikan kepada calon pelanggan
melalui email-email tersebut.
- Kenali target market
Setelah itu, Anda juga harus mengetahui seperti apa
karakteristik orang-orang yang akan Anda kirimkan email, sehingga Anda juga
dapat mengetahui kebutuhan apa yang dapat Anda penuhi melalui penawaran pada
email Anda.
- Ciptakan persona dari brand Anda
Anda harus dapat menentukan ciri khas dalam berkomunikasi
ala brand Anda. Pastikan juga ciri khas ini seragam dan konsisten sehinga brand
Anda nampak berbeda dibandingkan brand lainnya.
2. Ketahui Kebutuhan Pelanggan Anda
Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.
Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui kebutuhan target market Anda sehingga
Anda dapat memberikan penawaran yang menarik untuk mereka. Berikut adalah
proses yang dilewati target market hingga melakukan pembelian:
Pada tahap ini, target market belum mengenal brand Anda. Ini
dalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda kepada target market.
Pada masa ini, Anda harus konsisten untuk terus menerus membicarakan brand
Anda.
Pada masa ini, target market sudah mengenal brand Anda,
namun kebutuhan akan jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan belum dibutuhkan
oleh target market. Bangun brand awareness dengan memberitahukan secara garis
besar mengenai jenis produk ataupun jasa yang brand Anda tawarkan.
Di masa ini, target market sudah memiliki kebutuhan akan
jenis produk maupun jasa yang brand Anda tawarkan. Inilah saatnya bagi Anda
untuk unjuk gigi dengan berbagai kelebihan produk atau jasa dari brand yang
Anda tawarkan.
Pada masa pembelian ini, customer akan menggunakan produk
atau jasa yang ia butuhkan. Berbagai impresi akan mucul pada saat proses
penggunaannya. Pastikan bahwa Anda telah memberikan produk atau pelayanan
terbaik dan juga menerima keluhan pelanggan dengan baik.
3. Keep It Simple
Pada saat menyiapkan email campaign, buatlah workflow yang
simple, jangan atur pengiriman email dengan variabel yang berlebihan. Selain
itu, pada email yang dikirim, pastikan email telah menggunakan bahasa yang
personal, dan pastikan juga email Anda berhasil mengajak penerima email untuk
berkunjung ke landing page yang telah disiapkan. Anda juga boleh menggunakan
email tersebut untuk menawarkan ebook yang Anda ingin bagikan secara cuma-cuma.
Jika ada potential customer yang mendownload ebook yang Anda tawarkan pada
email pertama, jangan ragu untuk mengirimkan email selanjutnya.
4. Sampaikan Pesan Anda
Melalui email, Anda dapat menyampaikan pesan Anda yang dapat
mengarahkan kepada tujuan Anda menggunakan email sebagai media promosi.
Sampaikan pesan Anda dengan bahasa yang baik dan jelas agar pesan Anda tidak
membingungkan dan menyebabkan misleading.
Masih bingung pesan seperti apa yang harus Anda sampaikan?
Berikut panduan bagi Anda yang ingin mengirimkan email massal untuk pertama
kalinya:
- Pada email pertama, kirimkan sesuatu melalui email sebagai
tanda terima kasih, misalnya dengan memberikan ebook.
- Pada email kedua, ajak mereka agar semakin terhubung
dengan media sosial yang Anda miliki
- Pada email berikutnya Anda bisa melakukan hal lain untuk
memperdalam hubungan Anda dengan penerima email Anda.
5. Kembangkan Landing page Anda
Landing page bisa dianggap sebagai ‘ruang tamu’ dari bisnis
yang Anda jalankan. Anda dapat memperkenalkan produk ataupun jasa yang Anda
tawarkan melalui landing page. Semakin baik landing page yang Anda sediakan,
maka semakin tinggi pula kemungkinan para penerima email untuk menggunakan
produk ataupun jasa yang brand Anda tawarkan. Berikut beberapa tips sederhana
seputar landing page:
- Sediakan beberapa landing page sesuai kebutuhan.
- Sediakan template
tersendiri untuk landing page sehingga Anda terhindar dari berbagai kesalahan
umum yang sering ditemukan pada landing page.
- Pastikan setiap email yang dikirimkan terhubung dengan
landing page Anda.
6. Pantau Keberhasilan Melalui A/B Test
Kegiatan pemasaran melalui email dapat diakui
keefektifannya. Namun, untuk mencapai keefektifan tersebut, Anda perlu
memastikan bahwa email yang Anda rencanakan terkirim dan pesan tersampaikan
dengan optimal. Berikut hal yang bisa Anda lakukan agar persentase keberhasilan
dalam menjalankan campaign melalui email menjadi lebih besar:
- Anda bisa melakukan A/B Test pada subjek email, isi email,
Call-To-Action, trigger pada email, waktu dan hari pengiriman dan juga
frekuensi pengiriman email
- Amati juga hasilnya (jumlah email terkirim, jumlah email
dilihat, jumlah email dibuka, jumlah
link yang diklik, dan juga konversi penjualan). Apakah telah mencapai Key Performance
Indicator (KPI)?
7. Optimalkan dan Ulangi
Setelah campaign pertama berjalan dan sudah menerima
hasilnya, ada baiknya jika Anda memikirkan bagaimana caranya untuk
mengoptimalkan kegiatan marketing melalui email ini. Kegiatan optimalisasi bisa dilakukan melalui
perubahan frekuensi pengiriman email, jam dan hari pengiriman email, subjek dan
isi email, kolom pengirim, call-to-action, dan lain-lain tergantung dengan
hasil yang diterima sebelumnya. Jangan lupa juga untuk melakukan kembali A/B
Test pada campaign berikutnya.
Di dalam website ini banyak sekali
informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain
|
|||||
Dan masih banyak lagi link link
yang bermanfaat contohnya
|
|||||
DAN
LAIN LAIN
|
|||||
Semoga
link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita
tekuni.. amin
|
|||||
Wassalam
|
Post A Comment:
0 comments: