Bagi sebagian besar orang, marketing strategy dan marketing
plan adalah 2 hal yang sama. Namun, ternyata kedua hal tersebut adalah hal yang
berbeda meski memiliki hubungan yang sangat erat. Pada artikel ini, Sribu akan
menjelaskan perbedaan dari kedua hal tersebut. Yuk simak bersama!
Marketing strategy adalah penjelasan tentang tujuan yang
harus Anda capai dengan usaha pemasaran Anda sehingga apa yang menjadi
marketing strategy Anda menjadi tergantung pada tujuan bisnis. Sedangkan
marketing plan adalah hal-hal yang akan Anda lakukan sebagai penerapan dari
marketing strategy yang telah Anda susun sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
Jika kita masuk ke dalam masalah selanjutnya, maka kita akan
menemukan banyak orang mencoba untuk menetapkan marketing plan tanpa mendesain
marketing strategy dengan baik. Hal ini dapat berujung membuang sumber daya
pada sebuah perusahaan, baik waktu mau pun uang karena ketika melakukan
kegiatan pemasaran, kita harus selalu mengidentifikasi berbagai kemungkinan
yang ada. Salah satu hal yang perlu Anda ingat adalah, “Strategi adalah
pemikiran dan perencanaan atas apa yang akan terjadi“. Berikut adalah contoh
bagaimana keduanya bekerja sama:
- Tujuan: untuk mengadopsi pasar yang lebih luas.
- Marketing Strategy: memperkenalkan pada segmen pasar baru.
- Marketing Plan: mengembangkan kampanye pemasaran yang menjangkau,
mengidentifikasi dengan berfokus pada segmen tertentu.
Untuk mempermudah pengertian perbedaan pada marketing
strategy dan marketing plan, Anda bisa melihat skema di bawah ini:
Marketing strategy
–> Marketing plan –> Implementasi = Sukses
Strategi pemasaran mencakup pada “apa” yang harus Anda
lakukan? Misalnya Anda harus menginformasikan pada konsumen tentang produk atau
jasa yang ditawarkan dan juga faktor yang membedakan produk dan jasa yang Anda
tawarkan dengan produk dan jasa lainnya.
Pada rencana pemasaran, Anda akan menguraikan “bagaimana”
cara melakukan strategi pemasaran tersebut. Misalnya dengan membangun kampanye
pemasaran dan promosi yang akan mencapai apa yang Anda tuliskan dalam strategi
Anda.
Sedangkan pada tahap implementasi, Anda akan mengambil
tindakan untuk mencapai poin-poin yang teridentifikasi dalam strategi pemasaran
dan rencana pemasaran. Jika Anda sedang mempersiapkan strategi pemasaran dan
rencana pemasaran untuk masuk ke rencana bisnis Anda, maka pesan pemasaran
eksternal, tujuan positioning internal, tujuan dan sasaran jangka pendek serta
panjang harus Anda uraikan dengan jelas.
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melakukan perincian pada
komponen marketing plan Anda. Berikut adalah contoh perincian yang bisa
diuraikan dari marketing plan Anda:
Ringkasan Eksekutif
ringkasan dari rencana pemasaran Anda.
Tantangan Anda
Penjelasan singkat tentang produk/jasa yang akan dipasarkan
dan rekap tujuan diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Jadilah spesifik
Rencana tindakan yang
spesifik semakin mudah untuk diimplementasikan.
Analisis Situasi
Bagian ini mengidentifikasi
hal-hal seperti tujuan, fokus, budaya, kekuatan, kelemahan, dan juga pangsa
pasar
Analisis Pelanggan
Anda
Berapa banyak
pelanggan yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana jenis pelanggan Anda? Apa saja
hal yang mampu menarik perhatian mereka? Bagaimana mereka memutuskan untuk
melakukan pembelian? Fokus pelanggan seperti apa yang Anda inginkan?
Analisis pesaing Anda
Apa posisi pemasaran
Anda? Apa posisi pasar mereka? Apa kekuatan Anda jika dibandingkan dengan
pesaing? Apa kelemahan Anda? Bagaimana pangsa pasar Anda? Seberapa banyak
pangsa pasar pesaing?
Identifikasi 4P Anda
(Product/Price/Place/Promotion)
Ringkasan
Ringkas semua
informasi yang telah Anda uraikan sebelumnya secara garis besar. Bagaimana Anda
akan menggunakan berbagai poin tersebut untuk mencapai tujuan yang telah
diidentifikasi dalam strategi pemasaran Anda.
Dengan memahami perbedaan dari marketing strategy dan
marketing plan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda pasti menjadi semakin
bersemangat untuk menyusun keduanya dengan baik, kan? Buruan susun keduanya
untuk bisnis Anda, dan jangan lupa untuk mengunakan desain yang sesuai dengan
target market dan juga merekrut pekerja profesional yang sesuai dengan bidang
usaha Anda!
Di dalam website ini banyak sekali
informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain
|
|||||
Dan masih banyak lagi link link
yang bermanfaat contohnya
|
|||||
DAN
LAIN LAIN
|
|||||
Semoga
link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita
tekuni.. amin
|
|||||
Wassalam
|
Ingin lebih
mengetahui tentang BAJA RINGAN silakan baca
artikelnya lebih lengkap disini Baja Ringan
Post A Comment:
0 comments: