Merdeka.com - Tidak bisa dipungkiri, kini ancaman cyber mulai merajalela di segala perangkat dan gadget. Mulai dari PC, laptop, tablet, hingga smartphone tidak lepas dari bahaya serangan cyber yang bisa sangat merugikan pemiliknya.
Akan tetapi jangan buru-buru merasa 'parno' dan terlalu 'over-protektif' terhadap gadget Anda, sebab ada empat cara mudah untuk melindungi gadget dan data penting di dalamnya.
1. Waspadalah
Hal pertama yang harus dicamkan dalam benak pemilik gadget adalah tidak ada yang namanya sistem keamanan perangkat yang sempurna.
Bahkan, perangkat iOS milik Apple yang terkenal bebas malware pun beberapa bulan lalu untuk pertama kalinya berhasil disusupi virus yang menyusup lewat aplikasi di iOS App Store. Nah, kewaspadaan diri akan adanya bahaya malware ini lah yang menjadi senjata pertama melawan cyber attack.
Kewaspadaan bisa menyelamatkan Anda dari membuka email mencurigakan hingga asal klik tautan yang berisi virus berbahaya.
2. Update adalah segalanya
Para pakar keamanan cyber menyatakan bila update adalah hal terpenting yang harus rutin dilakukan demi menghindari serangan hacker. Update pun tidak pandang bulu, dari mulai sistem operasi perangkat dan aplikasi dalam perangkat harus rutin diperbarui begitu ada update-nya.
Sebaiknya Anda menghilangkan anggapan bila update hanya menghabiskan paket data atau membuat aplikasi 'error'. Sebab, sejatinya update yang dirilis oleh pengembang aplikasi dipenuhi oleh berbagai macam perbaikan, termasuk penguatan sistem keamanan.
Merdeka.com - 3. Satu password satu akun
Jika Anda adalah tipe orang yang menggunakan satu password untuk semua akun, Anda adalah sasaran empuk para hacker.
Satu password untuk semua akun berarti Anda menyediakan satu pintu untuk semua data penting Anda. Jadi, pastikan Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun, termasuk gadget Anda.
Lebih jauh, Anda bisa membuat akun pengguna yang berbeda di semu gadget, seperti guest mode di smartphone dan laptop. Mengganti password secara rutin juga perlu dilakukan, termasuk password rekening atau kartu kredit yang sudah terhubung dengan akun internet.
Kini sudah banyak layanan internet yang memberikan password dua langkah yang sebaiknya diaktifkan. Sistem password ini biasanya memberikan notifikasi atau aktivasi masuk akun lewat SMS ke nomor telepon.Cyber Crime
4. Jangan cerewet di internet
Pengguna gadget sangat tidak disarankan untuk memberikan informasi pribadi melalui telepon atau email kecuali benar-benar yakin. Mengingat saat ini sangat banyak hacker yang menggunakan teknik 'rekayasa sosial' atau social engineering.
Teknik ini memungkinkan hacker mengumpulkan data pengguna untuk melancarkan serangan cyber lewat penipuan hingga 'stalking' langsung ke akun jejaring sosial pemilik gadget.
Oleh karena itu, pengguna gadget dan akun internet sebaiknya tidak mempublikasikan informasi pribadi, seperti tanggal lahir, nama-nama keluarga, dan lain-lain di internet. Alasannya, data-data itu bisa dipakai hacker untuk menyerang Anda.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: