KAOS DAKWAH :Optimasi website merupakan projek jangka panjang dan bukan
merupakan pekerjaan instan. Optimasi ini harus dilakukan secara teratur agar
Anda dapat bekompetisi dengan web lain di mesin pencarian. Agar Anda dapat
menilai seberapa efektif teknik optimasi yang Anda lakukan maka perlu dilakukan
audit website secara teratur. Audit website dapat memastikan bahwa semua kerja
keras Anda akan terus mengarahkan trafik, meningkatkan konversi, dan memberikan
penjualan. Audit website juga dapat memastikan bahwa situs Anda masih dapat
diakses dan dinavigasi oleh para pengunjung / pelanggan. Ingat, sebuah situs
yang terus fokus pada pelanggannya akan lebih banyak menghasilkan trafik dan
menang dalam persaingan. Baca juga: Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari
audit website untuk cek hasil optimasi
ALAT YANG DIPERLUKAN
Website audit tool diperlukan untuk mempermudah proses audit
website. Banyak alat yang tersedia di internet baik berbayar maupun gratisan.
Google Webmaster Tool adalah salah satu alat audit website gratis yang sangat
bermanfaat.
YANG HARUS
DIPERIKSA SAAT AUDIT
1. SEO
Dalam audit website penting sekali untuk selalu memperhatikan
4 elemen dasar dalam optimasi SEO, yaitu:
Tag judul harus dijaga di bawah 65 karakter, sehingga
keseluruhan judul dapat muncul dengan benar di layar hasil pencarian tanpa
terpotong.
Pastikan setiap halaman situs Anda memiliki meta description
sekitar 155 karakter agar dapat menarik pengunjung untuk mengklik situs Anda di
hasil pencarian.
Tempatkan tag H1 pada judul halaman dan sebaiknya mengandung
keyword.
Tag Alt biasanya digunakan pada gambar agar mudah muncul di
hasil pencarian, sebaiknya alt tag harus ringkas, deskriptif, dan mengandung
kata kunci yang relevan.
2. DUPLIKAT
KONTEN
Penting sekali memeriksa duplikat konten saat audit website.
Broken link yang tidak ditangani dengan baik dapat merusak SEO Anda. Google
akan melakukan penyaringan duplikat konten di hasil pencarian dan memutuskan
halaman mana yang ditampilkan di mesin pencarian. Masalahnya bagaimana bila
yang ditampilkan tsb adalah konten yang salah?
3. BROKEN
LINK
Broken link harus diperiksa saat audit website karena dapat
menyebabkan konversi dan penjualan pada situs Anda hilang. Selain itu broken
link memberikan pengaruh negatif pada peringkat website Anda.
4. TAG HTML
ATAU KODE PENGUKURAN
Saat Anda menggunakan Google Analytic atau aplikasi
pengukuran lainnya maka Anda harus menempatkan kode html di laman situs Anda
dengan benar sehingga data yang Anda peroleh sebagai bahan audit website Anda
adalah akurat dan semua lalu lintas / trafik dapat terhitung.
5. KINERJA
Kinerja situs juga harus diperiksa saat audit website karena
semua orang tidak sabar untuk menunggu begitu pula saat mengakses situs Anda.
Sebuah studi melaporkan bahwa 47% pengunjung mengharapkan sebuah halaman web
terbuka dalam waktu 2 detik atau kurang.
Tak hanya itu, kecepatan halaman merupakan salah satu unsur
faktor dalam algoritma Google untuk menentukan peringkat halaman.
Itulah 5 hal penting dalam audit website untuk menilai
kesehatan situs Anda dengan cepat dan melakukan perbaikan agar dapat mengoptimalkan
trafik, membuat konversi, dan menghasilkan penjualan.
Post A Comment:
0 comments: