KAOS DAKWAH :Untuk membuat artikel seo memang membutuhkan penelitian yang mendalam supaya apa yang kita tulis bisa mendapatkan potensi klik dari visitor / pengunjung sehingga akan meningkatkan trafik secara signifikan. Artikel SEO adalah sebuah artikel atau konten yang di buat mengacu pada dua hal yakni mesin pencari dan minat pembaca. kedua hal inilah yang menjadi acuan untuk membuat artikel seo. memang untuk membuat artikel seo sendiri sangat sulit dan mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu bagaimana membuat artikel seo.

Untuk merancang dan membuat artikel seo ada beberapa aturan yang harus anda lakukan dan ini harus anda perhatikan dengan seksama sehingga pada akhirnya akan membuahkan hasil apa yang anda inginkan. dalam tutorial kali ini saya akan memperjelas list daftar untuk membuat artikel seo diantaranya adalah

Memilih Niche / Topik Yang Tepat.
Melakukan Analisis Kompetitor
Analisis Keyword
Menentukan Informasi Yang Akan Anda Tulis
Menentukan Judul Posting
Mengoptimalkan Permalink
Menempatkan Keyword Dalam Artikel
Optimalisasi dengan Atribut Heading, Bold, Italic dan Underline
Optimalisasi Meta Description
Penggunaan Internal & external linking
Optimalisasi Gambar atau Visual dalam Postingan.
Setidaknya dengan menggabungkan 11 poin di atas maka kita sudah termotivasi untuk membuat artikel seo. untuk itu saya akan perjelas semua poin di atas. jadi kalau anda masih belum paham dengan isi artikel ini anda bisa baca ulang dengan cara simpan dahulu dan baca di waktu yang senggang. berikut ini Tips dan Cara Membuat Artikel SEO Mudah dan Berkualitas.

Cara Membuat Artikel SEO Mudah dan Berkualitas

MEMILIH NICHE / TOPIK YANG TEPAT

Memilih niche atau topik sangat di perlukan untuk membuat artikel seo, sebab jika niche yang anda buat tidak banyak di sukai maka bisa di pastikan bahwa artikel yang akan anda tulis akan hancur dan tidak membuahkan hasil apa-apa. untuk itulah memilih niche sangat penting. memilih niche tidak begitu merepotkan kita hanya berpikir satu topik saja misalnya ingin menulis tentang tutorial, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan memilih tutorial apa yang anda kuasai. misalnya tutorial blog, tutorial komputer dan banyak lagi. untuk menulis artikel seo niche adalah kunci supaya nantinya ketika anda membahas tentang niche tersebut bisa memberikan informasi yang jelas dan tepat, inilah cara menulis artikel seo.

Selain itu memilih niche seharusnya lebih mengoptimalkan pada minat pembaca, sehingga ketika anda membuat artikel seo. pembaca paham bahwa anda sedang membahas hal ini dengan topik ini, ketika pengunjung datang ke halaman post anda maka mereka akan mendapatkan selama ini yang mereka cari, selain itu usahakan niche yang anda pilih yang lagi populer atau trend sehingga kemungkinan artikel seo yang anda tulis bisa masuk ke halaman top rank. inilah poin pertama untuk membuat artikel seo.

MELAKUKAN ANALISIS KOMPETITOR

Poin kedua untuk membuat artikel seo adalah dengan menganalisa pesaing anda di halaman pencarian, hal ini sangat diperlukan sekali sebab bila anda tidak menganalisa terlebih dahulu seberapa baik dan seberapa kuat seo pesaing anda, maka akan susah untuk mengalahkan pesaing anda. untuk mengalisa pesaing, hal yang harus anda lakukan adalah:

·       Meneliti artikel posting yang mereka buat
·         Seberapa Informatif Artikel yang Mereka miliki
·         Berapa kerapatan Kata Kunci dalam Artikel Mereka
·         Lihat Juga Usia domain mereka
·         Seberapa penting artikel mereka untuk pengunjung.
Hal-hal diatas harus anda lakukan, sebab bila anda tidak meneliti besar kmungkinan anda tidak akan pernah tahu bagaimana cara anda untuk mengalahkan pesaing utama anda. dari beberapa kasus, banyak para blogger tidak memperhatikan hal ini sebab mereka yakin bisa mengalahkan. ini kadang keliru dan tidak perlu kita buat acuan sebab bila kita selalu menganggap entang suatu hal tentu hal itu akan mempersulit kita sendiri. jadi acuan yang tidak benar buang jauh-jauh. fokus pada rencana anda untuk membuat sebuah karya yaitu artikel seo.

ANALISIS KEYWORD FOR ARTIKEL SEO

Poin ke tiga adalah menganalisa kata kunci atau keyword. apakah ini sangat penting ? tentu saja sangat penting untuk membuat artikel seo. mungkin sebagian orang menganggap bahwa kata kunci hal yang mudah dan tidak perlu anda analisis. ini anggapan keliru dalam dunia blogging. keyword adalah salah satu cara mesin pencari untuk mengalisa lebih mendalam dari sebuah artikel. tanpa adamya kata kunci atau keyword mesin pencari tidak akan menemukan artikel anda, atau bahkan menempatkan ke halaman pertama pencarian.

Banyak orang beranggapan tidak ada kata kunci tidak mengapa, iya tidak mengapa kalau anda membuat sebuah buku di kertas. namun ini lain, kita disini seorang pemasar konten sudah seharusnya sebuah artikel harus mengacu pada aturan mesin pencari, inilah sebabnya kata kunci sangat penting untuk membuat artikel seo.

Untuk mencari dan menentukan kata kunci anda bisa menggunakan tool online atau bisa juga menggunakan software. gabungkan kedua alat tersebut untuk menentukan kata kunci yang ideal, usahakan untuk membuat kata kunci yang banyak di cari oleh pengguna. sebab bila kata kunci yang anda pilih tidak trend atau banyak dicari oleh pengguna besar kemungkinan tidak akan mendatang pengunjung ke halaman web anda. tentukan kata kunci hanya dua kata dan maksimal 3 kata. yang lainnya long tail keyword. itu poin untuk membuat artikel seo, alat yang bisa digunakan untuk meneliti kata kunci secara online bisa menggunakan google trend dan google keyword planner.

MENENTUKAN INFORMASI YANG JELAS

Untuk membuat artikel seo berkulitas yang kaya dengan informasi tentunya anda harus bisa membuat informasi yang jelas, sebab selain kita harus fokus pada mesin pencari kita juga harus berfokus pada minat pembaca, ini sangat penting untuk merangkul minat pembaca tergolong sangat susah. untuk itu sebelum ada menulis artikel seo sebaiknya kumpulkan beberapa materi untuk penulisan artikel anda.

Materi atau topik dari permasalah ini sebaiknya anda buat list daftar mulai dari awal anda berbicara, pemabahasan awal, isi dari topik yang akan anda sampaikan, memberikan solusi apa yang anda bahas dan yang terakhir poin penting yaitu promosi bila ada bergerak dalam bidang bisnis. pembaca akan senang dengan hal ini sehingga mereka anda semakin tahu bahwa informasi yang anda sampaikan benar-benar bermanfaat untuk mereka. ini salah satu strategi artikel seo yang tepat dan mengena.

MENENTUKAN JUDUL POSTING

Judul Postigan penentu dari semua artikel seo, tentu anda sudah tahu bahwa judul adalah salah satu senjata untuk menarik pengunjung dari halaman pencarian ke halaman website dan blog anda. dalam pembuatan judul sebaiknya berdasarkan minat pembaca supaya artikel seo yang anda ciptakan bisa menarik mereka. untuk memperjelas tentang judul posting anda bisa merujuk ke halaman cara membuat judul postingan berkualitas.

MENGOPTIMALKAN PERMALINK

Permalik atau URL adalah salah satu acuan mesin pencari untuk menentukan sekaligus cara google bot untuk merayapi halaman blog anda. dengan permalink ini maka spider bot akan mengindeks dan menentukan halaman blog anda di hasil pencarian. jika anda salah untuk membuat permalink, maka kemungkinan spider bot tidak menemukan relevansi permalik dengan judul postingan anda.

Perlu anda ingat bahwa sistematis mesin pencari selalu mencocokkan unsur dari postingan kita mulai dari judul, permalink, description dan artikel. jika salah satu dari ke tiga hal ini tidak mendapatkan akurasi yang tepat maka mesin pencari tidak akan menempatkan postingan ke halaman pecarian. ini sangat penting untuk membuat artikel seo yang benar-benar seo. jadi anda harus benar-benar memperhatikan tentang permalink supaya artikel seo yang anda buat tidak sia-sia. usahkan permalink jangan terpotong.

MENEMPATKAN KEYWORD DALAM ARTIKEL

Setelah kita ambil poin-poin penting diatas, untuk melanjutkan artikel seo. kita harus tebarkan semua kata kunci dalam postingan atau artikel. silahkan tebarkan postingan yang tepat jangan sampai terlalu banyak kata kunci sehingga mesin pencari tidak menganggap bahwa artikel seo yang ada buat adalah praktek keyword stuffing.

Ideal untuk menempatkan keywrod dalam artikel seo adalah 1% sampai dengan 5%. ini sesuai dengan aturan dari keyword density yang sudah jelas ke absahannya. bisa ada kurang paham mengenai penempatan kata kunci dalam artikel seo, anda bisa merujuk ke halaman cara menempatkan kata kunci dalam postingan, semua sudah di bahas secara terperinci dan jelas.

OPTIMALISASI DENGAN ATRIBUT

Untuk menambah nilai seo dalam artikel seo manfaatkan atribut heading yang di tandai dengan H1, H2, H3, H4, H5, H6 dan seterusnya. selain itu ada juga atribut lainnya yaitu bold, italic dan underline. semua atribut ini berguna untuk memberikan nilai seo dalam artikel. namun perlu anda perhatikan ketika menggunakan atribut tersebut, teori dasar seo sendiri anda hanya bisa melatakkan Heading 1 hanya satu kali bila anda melakukan sampai 2 kali atau bahkan lebih hal ini akan mengurangi optimasi seo dalam membuat artikel seo. jadi bila ingin sering mengulang dengan atribut heading anda bisa menggunakan H2, H3, H4, H5, H6 dan seterusnya. semakin besar angkan H maka akan semakin kecil nilainya untuk mesin pencari. untuk menambah pengetahuan ini sebaiknya merujuk ke cara optimasi seo onpage

Selain itu atribut bold, italic dan underline bisa menjadi salah satu optimasi artikel seo. untuk lebih tepatnya gunakan atribut heading ini hanya untuk pada kata kunci atau daftar list saja, sebab kalau banyak menggunakan atribut ini tidak akan membaik akan tetapi akan semakin buruk bagi mesin pencari atau pun pembaca artikel seo anda.

OPTIMALISASI META DESCRIPTION

Yang perlu anda terapkan untuk membuat artikel seo berikutnya adalah optimalisasi meta description. ini sangat penting untuk memberikan nilai seo. meta description adalah potongan artikel yang akan di tempatkan di halaman pencarian. google sendiri akan menganggap bahwa konten anda baik dan relevan dengan pencarian berdasakan description ini. untuk itu manfaatkan meta description secara optimal.

Yang perlu anda perhatikan untuk menempatakan meta description adalah pilih konten yang anda anggap penting dan tepat serta jangan lupa untuk menempatkan kata kunci atau keyword dalam meta tersebut, dengan melakukan hal ini anda sudah memmbuat artikel seo yang tepat.

PENGGUNAAN INTERNAL & EXTERNAL LINKING

Manfaatkan internal link dan external link. manfaat dari internal link selain untuk memberitahu google bot interneal link juga untuk menarik pengunjung ke halaman lain dalam satu web yang masih relevan sehingga ini akan mengurangi bounce rate untuk situs anda. bila anda belum tahu apa itu bounce rate bisa baca tentang bounce rate sebagai acuan popularitas situs.

Selain internal link ada satu lagi yang harus anda perhatikan untuk membuat artikel seo. yaitu external link. ini sangat penting bagi perkembangan situs sebab banyak yang menduga bahwa dengan aliran link keluar akan memperburuk web dan blog. ini salah satu anggapan salah sebenarnya. yang benar, jika anda mengalirkan link ke halaman atau web lain namun masih berkaitan dengan artikel seo yang anda bahas. buat mesin pencari ini sangat baik, bahkan dalam kasus yang pernah saya alami. setiap artikel yang saya buat selalu mengarahkan artikel ke web orang lain dan efeknya setiap publikasi artikel selalu menempatkan postingan di halaman satu pencarian. tapi anda harus perlu tahu, jangan terlalu banyak untuk mengalirkan link sebab ini tidak baik dan google sendiri akan menganggap bahwa anda adalah seorang spamming. ini tentu tidak baik juga untuk seo.

Untuk mengalirkan link keluar sebaiknya 1 sampai 2 link saja, ini untuk menjaga website kita supaya tidak masuk ke halaman spam mesin pencari. ini poin penting untuk membuat artikel seo yang tepat dan berkualitas.

OPTIMALISASI GAMBAR

Poin terakhir jika anda menggunakan gambar dalam postingan, hal yang harus anda lakukan adalah menambahkan atribut ALT dan TITLE pada setiap gambar yang anda postingkan. perlu anda ingat bahwa mesin pencari hingga saat ini belum bisa membaca gambar, tapi mengerti gambar jika terdapat atribut alt dan title. untuk sebab inilah kenapa setiap kita membuat artikel seo selalu di sarankan untuk menambahkan atribut ALT dan TITLE. untuk memahami tentang optimasi gambar anda bisa merujuk ke halaman Cara Optimasi Gambar Untuk SEO.

Mungkin pembahasa artikel seo ini terlalu panjang buat anda, untuk bila anda belum paham benar silahkan simpan sebaagi bookmark dan anda bisa baca selanjutnya, bila ada pertanyaan tentang artikel yang saya buat silahkan tanyakan di komentar, namun satu yang saya minta jangan memuat komentar spam sebab bila komentar anda masuk spam saya sendiri tidak tahu komentar anda. mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk anda tentang Cara Membuat Artikel SEO Mudah dan Berkualitas dan saya harap dengan artikel yang panjang ini anda lebih mengerti tentang baik dan manfaatnya membuat artikel seo. semoga bermanfaat dan salam sukses.

Axact

BELAJAR SEO

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.H.COM

Post A Comment:

0 comments: