KAOS DAKWAH :Mungkin kita belum begitu paham dengan beberapa jenis Search Engine Dan Cara Kerja Mesin Pencari (search engine), kalau belum tahu baiklah kami ingin menjelaskan beberapa jenis dari search engine dan cara kerjanya, namun sebelumnya silahkan baca dulu artikel yang sudah kami postingkan yaitu Pengertian Search Engine atau Mesin Penelusur, untuk mengenal lebih jauh tentang search engine atau mesin penelusuran. berikut ini saya jelaskan cara kerja search engine
Beberapa Jenis Search Engine dan Cara Kerja Mesin Pencari

Search Engine untuk menjalankan misinya sebenarnya bekerja bersamaan dengan Browser, browser yang sudah kita kenal yaitu mozilla, opera, google chrome, sapari, UC browser dan masih banyak lagi. Ketika kita mengetikkan sesuatu kemudian kita Enter, Search Engine mulai bekerja melakukan pencarian di database dan Hasil yang didapat oleh search engine diberikan kembali ke Browser, kemudian Browser menampilkannya untuk kita dalam format yang mudah kita mengerti/pahami. Sebenarnya bentuk atau visual Search Engine tidak tampak ia bekerja di balik layar. Search Engine sebenarnya bekerja dengan teman-temannya (partnernya) yaitu engine crawler atau indexer atau robot bot. bentuk sederhananya untuk proses yang berlangsung adalah saat user membuka Browser dan memerintahkan pencarian maka browser minta tolong Search Engine untuk mencarikan. Jika sudah didapat, hasilnya dikembalikan ke Browser dan Browser menampilkannya untuk user. Semuanya berlangsung sangat cepat dan tepat sehingga kita tidak mengetahui proses sesungguhnya yang terjadi dibalik layar ini.

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang beberapa halaman web yang diambil secara langsung dari url atau link. Halaman ini di ambil dengan web crawler, browser web otomatis mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. kemudian isi setiap halaman dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya
misalnya kata-kata yang di ambil dari judul, subjudul, atau filed khusus yang di sebut meta tag. Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya, inilah proses penyimpanan data yang mana kalau kita membutuhkan maka dengan cepat search engine akan menyuguhkan.

Mesin pencari seperti Google selalu menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber ke database dari hasil crawling (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan memasukan query penelusuran, biasanya dengan memasukan kata kunci seketika itu mesin mencari akan mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai atau relevan dengan kriteria yang user cari. Daftar ini biasanya disertai ringkasan singkat menggenai judul dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari (description).

Sangat banyak hasil data yang akan di munculkan oleh mesin pencari ketika pengguna mengetikan sebuah kata kunci, urutan yang ada di paling atas atau halaman pertamalah yang mempunyai isi paling akurat. Keakuratan sebuah mesin pencari dalam menyajikan data dan informasi yang dicari oleh pengguna dapat menjadi barometer kualitas sebuah mesin pencari.

Secara umum, cara kerja mesin pencarian dimulai saat user menulis alamat website (URL/Link). Saat alamat web terisi, maka spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL lalu Secara otomatis spider memutuskan web yang didaftar layak diterima atau tidak. Jika layak, maka spider langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database. Rangking segera ditetapkan dengan algoritma dengan caranya masing-masing.

JENIS-JENIS SEARCH ENGINE

Berdasarkan mengumpulkan data halaman-halaman web mesin pencari dapat di kelompokkan menjadi 4 kategori yang diantaranya adalah:

A.COMPUTER CREATED SEARCH ENGINE

Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau software spider yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengumpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.

B.HUMAN ORGANIZED SEARCH ENGINE

Mesin pencari ini dikelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.

C.HYBRID SEACRH ENGINE

Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai pengoreksi dalam proses pengkoleksian database halaman web. Sebenarnya tipe ini lah yang paling mudah pembuatannya karena dapat didesain sesuai dengan keinginan kita

D.METACRAWLER/METASEARCH

MetaCrawler/Metasearch Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layar browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari berbagai mesin pencari yang ada.

Itulah jenis-jenis pencari atau search engine serta cara kerja mesin pencari, semoga artikel ini akan memperjelas lagi tentang mesin pencari atau search engine yang mungkin kita masih awam dengan hal tersebut.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: