Serangan Spyware tidak menjadi hal yang bisa merusak data pribadi Anda. Namun dalam tingkatan tinggi, Spyware dapat mengetahui apa saja yang pengguna tekan di papan keyboard. Banyak peretas menggunakan spyware untuk tujuan jahat.
Panji Agus Muttaqin, Direktur Riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), menyebut ada beberapa teknik agar terhindar dari spyware, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:
1. Jangan membuka tautan yang ada pada jendela pop-up di browser. Karena biasanya pop-up ini adalah spyware. Dengan meng-klik tautan itu dapat meng-install spyware pada perangkat komputer. Untuk menutup jendela pop-up, klik X pada jendela browser, jangan klik “close” yang ada di dalamnya.
2. Pilih “tidak” ketika muncul pertanyaan yang tidak diduga. Berhati-hatilah terhadap kotak dialog yang muncul yang menanyakan apakah ingin menjalankan program tertentu dan pertanyaan lain yang serupa.
3. Berhati-hatilah terhadap software yang dapat diunduh secara gratis. Ada banyak situs yang menawarkan aplikasi atau toolbar yang menarik perhatian pengguna. Jangan mengunduh program dari situs yang tidak dipercaya. Pengguna harus menyadari bahwa bisa mengekspos perangkat komputernya terhadap spyware dengan mengunduh program-program tersebut.
4. Jangan membuka tautan pada email yang menawarkan aplikasi anti-spyware. Tautan tersebut berbahaya dan bisa saja berisi spyware.
5. Mengatur browser yang digunakan. Jendela pop-up pada browser sering dihasilkan dari beberapa jenis script. Atur browser untuk mengurangi atau mencegah berjalannya script, sehingga dapat mengurangi pop-up yang muncul. Beberapa browser menawarkan pilihan khusus untuk memblokir dan membatasi jendela pop-up.
Bagaimana cara untuk menghilangkan spyware?
1. Jalankan scan penuh pada komputer menggunakan software antivirus. Beberapa aplikasi antivirus akan menemukan dan menghapus spyware yang menginfeksi. Buat jadwal agar antivirus melakukan scan penuh secara berkala.
2. Gunakan software yang dibuat khusus untuk menghilangkan spyware. Banyak anti-spyware yang tersedia yang bisa digunakan untuk menghilangkan spyware dari perangkat komputer.
3. Seluruh OS pada PC, Mac, dan Smartphone kini rawan terhadap serangan spyware. Untuk memperkecil kemungkinan terkena serangan, harus menginstal update yang digulirkan, biasanya disertakan update untuk meningkatkan keamanan pada sistem.
- See more at: https://www.cissrec.org/news/detail/324/Tips-Trik-Menghindari-Serangan-Spyware.html#sthash.HTk6Cdw2.dpuf
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: