Spyware adalah perangkat lunak yang jika terpasang di dalam sistem komputer akan memonitor situs apa saja yang dikunjungi pengguna, mengalihkan pengguna ke situs tertentu, dan menampilkan pop-up browser yang berisi iklan.
Pada tingkatan yang lebih tinggi, spyware dapat mengetahui apa saja yang pengguna tekan di papan keyboard. Banyak peretas menggunakan spyware untuk tujuan jahat.
Panji Agus Muttaqin, Direktur Riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), mengatakan, Spyware dapat mengumpulkan hampir semua jenis data, termasuk informasi pribadi, informasi akun, dan informasi bank atau rekening kredit.
Informasi yang berhasil didapat kemudian digunakan untuk kepentingan jahat atau dijual kepada pihak yang membutuhkan. Penyebaran spyware sering kali tidak terdeteksi. Pada umumnya berasal dari situs-situs yang menyediakan software atau aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.
Selain itu, spyware juga bisa tersebar dari software bajakan yang banyak diperjualbelikan, atau dari situs-situs penyedia jasa file-sharing.
Apa beda Spyware dengan virus?
Spyware ini berbeda dengan virus. Virus bisa merusak sistem komputer, sedangkan spyware tidak merusak sistem tetapi menghabiskan bandwith internet pengguna dengan menampilkan pop-up pada browser yang tentu saja membuat kinerja komputer menjadi lambat.
Di samping membuat kinerja komputer menjadi terganggu, ada juga permasalahan privasi yang membahayakan pengguna, antara lain informasi apa saja yang dikumpulkan, siapa yang menerima informasi itu, dan untuk apa informasi itu digunakan.
Bagaimana pengguna bisa mengetahui jika ada spyware pada perangkat komputer? Gejala-gejala berikut ini bisa menjadi tanda jika spyware sudah menginfeksi komputer:
1. Jendela pop-up yang selalu muncul berulang kali.
2. Pengguna diarahkan ke suatu situs yang bukan tujuannya.
3. Toolbar baru yang muncul pada browser.
4. Ada aplikasi baru di task tray pada bagian bawah layar.
5. Tampilan home pada browser tiba-tiba berubah.
6. Search engine yang berubah ketika melakukan pencarian.
7. Beberapa fungsi tidak bekerja pada browser, misalnya tombol tab yang tidak berpindah ke kolom berikutnya ketika memasukkan user name dan password.
8. Muncul berbagai macam pesan error pada Windows.
9. Kinerja komputer menjadi lambat ketika membuka program atau ketika sedang memproses sesuatu.
- See more at: https://www.cissrec.org/news/detail/323/Cara-Mengenali-Komputer-Anda-Terkena-Spyware.html#sthash.QCFeByTG.dpuf
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: