Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Maraknya media sosial beberapa tahun belakangan, membuat Anda sulit menemukan seorang ahli pemasaran yang tidak merekomendasikan media sosial sebagai bagian dari pemasaran secara keseluruhan. Tapi apakah waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk membangun kehadiran sosial media benar-benar sebanding pada saat ini? Apa manfaat seluruhnya dari media sosial untuk bisnis UKM atau usaha kecil menengah?
Ada 8 cara sederhana bisnis Anda mendapatkan manfaat dari perencanaan pemasaran menggunakan media sosial yang efektif:
1.  Media Sosial Dapat Mengurangi Seluruh Biaya Pemasaran Anda
Pertama dan paling penting, kemampuan untuk membuat tweet atau posting ke Facebook yang sangat menarik akan lebih efektif dari pada mengeluarkan biaya untuk iklan ataupun mengirim ribuan surat. Namun ada juga alat periklanan canggih yang memungkinkan Anda melakukan kampanye pemasaran, baik kata kunci ataupun demografis yang spesifik sehingga Anda dapat mendapatkan kembali uang yang sudah diinvestasikan, bahkan lebih.
2.  Media Sosial Dapat Mempengaruhi Hasil Pencarian di Mesin Pencari
Ketika Anda berharap media sosial dapat mempengaruhi posisi website bisnis di mesin pencari, yang harus dilakukan adalah membuat konten optimal dan menarik. Selain itu, website lain mungkin akan tertarik dengan isi konten Anda lalu membuat link ke website yang Anda miliki, sehingga akan meningkatkan traffic ke website. Media sosial menjadi alat yang tepat untuk mencari pengunjung yang sesuai, dan kemudia mereka akan terus mengunjungi, bahkan menyebarkan website Anda secara gratis.
3.  Media Sosial Dapat Menjadi Customer Service Yang Baik
Mungkin Anda sedang mencari cara untuk menampung dan menjawab komentar, pertanyaan, saran, dan kritik pelanggan, media sosial adalah jawaban yang sangat tepat. Pelanggan yang menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter dapat dengan mudah berkomunikasi dengan Anda, dan memungkinkan Anda merespons komentar pelanggan, serta pelanggan lain juga dapat melihatnya.
4.  Dengan Media Sosial Anda Dapat Mendesain Kepribadian Online Sesuka Hati
Pemasaran melalui media sosial lebih mirip dengan mengadakan sebuah pesta daripada pertemuan bisnis. Anda akan melakukan penawaran bisnis jauh lebih baik dalam situasi sosial karena itu lah hakekat manusia sebagai mahluk sosial. Media sosial adalah cara yang tepat menunjukkan kepribadian dari bisnis UKM Anda, serta nanti akan menampilkan informasi, karyawan, ruang kerja, dan masih banyak lagi. Buatlah merek Anda layaknya manusia, dan pelanggan akan mudah terhubung dan menjaga loyalitas.
5.  Media Sosial Memungkinkan Anda Terhubung Dengan Bisnis Lain
Jika memang media sosial dapat menghubungkan Anda dengan konsumen, berarti platform ini juga memungkinkan untuk terhubung dengan pengusaha atau bisnis usaha kecil menengah lainnya. Mungkin juga Anda mendapatkan partner untuk distributor baru, dengan media sosial dapat melakukan percakapan yang nyata dengan manusia sesungguhnya yang dapat di akses secara sosial dan geografis.
6.  Pelanggan Bisa Memvalidasi Bisnis Anda di Media Sosial
Dengan terhubungnya pelanggan secara langsung dengan Anda, berarti ada kemungkinan mereka mendapatkan layanan pelanggan yang terbaik. Hal ini akan terjadi di forum public yang dapat dilihat oleh semua orang. Jadi ketika pelanggan memberikan pujian pada pelayanan Anda dan memvalidasi ke teman-teman mereka, maka akan sangat mungkin teman-teman mereka menjadi pelanggan potensial bagi Anda.
7.  Dengan Media Sosial Anda Dapat Memberi Nilai Berharga
Gagasan bahwa Anda benar-benar dapat memberi pelayanan berharga pada target pelanggan berarti memang  sudah ahli dalam industri usaha kecil menengah yang Anda jalani. Baik itu posting, tweet ataupun blog mengenai hiburan atau pendidikan, apapun itu, jika Anda dapat memenuhi keinginan pelanggan, itu berarti Anda memberi nilai berharga yang akan diapresiasi oleh pelanggan.
8.  Media Sosial Memungkinkan Anda Mendapat Keunggulan Kompetitif
Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat meningkatkan tingkat pencarian pada bisnis UKM Anda, memberi layanan pelanggan terbaik, mendesain kepribadian online yang efektif, terhubung dengan mitra bisnis baru, membangun koneksi, dan memvalidasi keahlian Anda dengan memberi nilai berharga pada konsumen. Apakah Anda tahu apa artinya? Itu artinya Anda mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing, dan itu semua dari media sosial.
Kesalahan Berikut Ketika Memulai Bisnis
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, memulai bisnis baru adalah salah satu sasaran paling empuk yang dicari masyarakat di dunia. Tetapi, memulai bisnis baru tidak semudah membalikkan telapak tangan atau semudah menendang bola. Memulai bisnis baru sangatlah sulit. Anda harus mempersiapkan semuanya. Mulai dari produk/jasa apa yang ditawarkan, siapa yang akan membantu untuk bekerja sampai bisnis plan, agar bisnis tersebut tetap terarah setelah dibuka. Tapi, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang melalukan kesalahan besar saat prosesnya. Tidak heran bahwa 80% perusahaan baru hanya bertahan dalam tiga tahun pertama. Inilah 5 kesalahan yang harus anda hindari saat ingin memulai suatu bisnis.
 1. Tidak memiliki alasan mengapa memulai bisnis
Saat ingin memulai bisnis, hal pertama yang harus anda miliki adalah apa alasan anda memulai bisnis tersebut? Mengapa anda ingin mengejarkan impian tersebut? Jika anda tidak memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda akan terhalang oleh alasan untuk tidak terus maju dan anda akan menyerah sebelum anda mencapai keberhasilan.
2. Mengasumsikan bank akan meminjamkan anda uang
Ini adalah salahsatu kesalahan terbesar. Lebih tepatnya adalah salah pemikiran. Jika anda berpikir, bahwa bank akan meminjamkan uang untuk memulai usaha anda itu salah. Bank adalah pilihan sulit untuk pinjaman uang. Mereka akan sangat enggan memberikan pinjaman karena tingkat keberhasilan bisnis baru sangat rendah. Biasanya, salahsatu caranya adalah dengan jaminan. Tetapi, jika anda tidak bisa mengembalikannya, maka jaminan tersebut akan menjadi milik bank. Jadi, daripada anda berasumsi bank akan meminjamkan uang, lebih baik anda menggunakan tabungan pribadi atau menjual beberapa asset.
 3. Mengasumsikan pelanggan akan datang dengan sendirinya
Ini adalah hal yang sangat salah. Banyak pengusaha baru yang melakukan hal ini. Padahal sebagai usaha baru, untuk sukses anda harus berusaha menjual produk/jasa anda. hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan iklan, atau promosi secara besar-besaran.
Alasan pelanggan membeli suatu produk/jasa ada 2, yaitu menghindari rasa sakit dan untuk mendapatkan kesenangan. Jika Anda menemukan rasa sakit mereka dan dapat memperbaikinya, Anda akan mendapatkan bisnis mereka. Contohnya saja jika anda ingin memasuki bisnis perawatan kulit, anda dapat mensegmentasikan produk anda ke orang-orang dengan usia diatas 45 yang peduli dengan keriput. Ini adalah salahsatu usaha anda untuk menjual produk/jasa anda.
 4. Memulai bisnis tanpa ada strategi keluar yang jelas
Memang hal ini terdengar aneh. Tetapi, hal ini sangat penting untuk mencari tahu bagaimana cara anda membongkar perusahaan walaupun anda baru saja ingin memulai bisnis baru. Dengan cara ini, keputusan anda tentang pertumbuhan bisnis anda bisa saja menarik investor. Banyak pengusaha baru tidak berpikir tentang bagaimana mereka akan mengembalikan waktu dan uang mereka. Mereka hanya mencari segala sesuatu yang akan bekerja pada akhirnya. Tetapi jika Anda menganggap Anda akan dengan mudah dapat menjual bisnis Anda kapan pun Anda siap untuk melanjutkan, Anda salah. Hanya sekitar 10% dari bisnis yang disiapkan untuk penjualan benar-benar bisa dijual.
5. Tidak mendapatkan dukungan keluarga, teman dan pasangan
Hal ini sangat penting. Dukungan dari orang yang anda cintai sangat mempengaruhi psikologi anda maupun mempengaruhi kemajuan bisnis anda. Anda juga dapat mendapatkan pelanggan dari koneksi orang yang anda cintai. Memulai bisnis membutuhkan pola pikir all the time dan gaya hidup, setidaknya pada awalnya. Semakin banyak orang yang Anda cintai memahami hal ini, semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil dan hubungan Anda akan tetap terjaga.
Di dalam website ini banyak sekali informasi yang sangat berharga untuk di pelajari, antara lain

Dan masih banyak lagi link link yang bermanfaat contohnya

DAN LAIN LAIN

Semoga link link di atas bermanfaat untuk kita bersama demi kemajuan ilmu yang kita tekuni.. amin
Wassalam






Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: