kaos-dakwahKAOS DAKWAH : WordPress adalah sebuah Content Management System(CMS) yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan website di seluruh dunia. Beberapa blogger sepertinya tidak pernah berhenti bertanya: Mana yang lebih baik, Blogger atau WordPress? Dan memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga cukup sulit untuk menentukan mana yang lebih baik. Namun, dalam keadaan SEO yang selalu berubah setiap saat ini, WordPress ternyata lebih baik karena menawarkan beberapa keunggulan tertentu untuk penggunanya.
SEO wordpress lebih baik

Statistik baru-baru ini menyatakan bahwa wordpress menguasai sekitar 22,3% dari semua situs web di dunia! Ini mendominasi website yang menggunakan CMS sekitar 60%. Sebagai perbandingan, Joomla dipakai sekitar 3.1% website (8,3% dari website yang menggunakan CMS), Drupal 1,5% dari total website (5,2% dari website yang menggunakan CMS), dan Blogger ada diposisi ke-4, menguasai 1,1% dari semua situs web dan hanya 3% dari website dengan CMSS. Maka dapat disimpulkan, WordPress adalah 20 kali lebih populer dari Blogger.

Mengejutkan, bukan? Apa yang membuat WordPress begitu populer? Tentu saja, kekuatan dan fleksibilitasnya yang menjadi daya tarik. Tapi apa yang membuatnya lebih istimewa lagi adalah tidak hanya dari segi pembuatan web yang mudah, namun WordPress juga ternyata lebih baik dari sudut pandang SEO. Berikut ini adalah mengapa WordPress selalu lebih unggul dalam SEO dibanding dengan CMS lain.

Struktur Kode, Dan Pengaturan Default
WordPress memiliki struktur kode yang sangat baik, dan membuat situs-situs terlihat sangat Clean. URL pada posting situs wordpress dibuat SEO-optimized (Dioptimalkan untuk SEO), namun dapat kitamodifikasi juga. WordPress memiliki manajemen taksonomi yang sangat baik, yang memungkinkan Anda untuk mengkategorikan posting Anda sesuai dengan kategori dan juga tag.
Halaman arsip diatur oleh WordPress secara default, beberapa di antaranya termasuk tag / kategori dan penulis arsip. Pengaturan SEO standar menonaktifkan pengindeksan halaman arsip ini secara default untuk menghindari duplikasi. Semua itu adalah solusi SEO yang cukup rapi tanpa membuat ribet pengguna.
Plugin SEO
WordPress memang memberi dampak yang cukup baik pada SEO sebuah website. Tetapi jika anda lebih suka yang otomatis, WordPress menyediakan berbagai plugin-plugin SEO canggih dan powerful yang tidak dapat ditemukan di CMS seperti Joomla atau Drupal. Plugin seperti ‘WordPress SEO by Yoast’, dan ‘All-in-One SEO’ dapat menambahkan efek positif lebih besar pada website anda. Dari pengaturan indeks untuk mengatur Structured Data, plugin ini dapat memberikan anda akses ke setiap detail dari SEO yang mungkin dapat anda lakukan pada sebuah situs web.
Kostumisasi Tema
Kostumisasi tema di WordPress memungkinkan anda untuk mengubah struktur kode agar SEO friendly ketimbang hanya kostumisasi visual saja. Dasbor di admin wordpress juga cukup dinamis sehingga penginstallan tema atau plugin dapat menambahakan fungsi tertentu.
Ada ratusan bahkan ribuan tema gratis dan premium tersedia di luar sana, kebanyakan dikembangkan dengan dasar SEO yang bagus. Anda dapat menemukan tema apapun yang sesuai dengan web anda.
Ada juga Framework wordpress, seperti Genesis dan Frame Tesis, yang memperluas fungsionalitas dari sebuah situs web dalam hal SEO. Dengan framework ini, pengaturan SEO tidak memerlukan penggunaan plugin pihak ketiga dan membuat kerja anda untuk SEO menjadi lebih ringan. Framework ini bertindak sebagai auto-pilot, mengurus hal-hal SEO saat anda sedang melakukan hal yang lain.
Waktu Loading Website
Penambahan-penambahan elemen web dari dashboard, mungkin terlihat seperti akan memberatkan loading website, tapi sebenarnya tidak begitu. WordPress juga dikembangkan untuk mempertahankan kecepatan loading agar tetap cepat. Hal ini karena kecepatan sebuah website menjadi salah satu kriteria yang sangat penting hari ini. Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan plugin pihak ketiga seperti WP Super Cache untuk mengurangi waktu buka halaman yangsecara efektif memberikan nilai SEO yang lebih baik.
Terlebih lagi, Anda dapat menemukan berbagai kostumisasi dan trik-trik wordpress dari para professional di dunia. Ada jutaan situs WordPress, dan jutaan pengembang yang siap untuk memberikan layanan gratis maupun berbayar.
Yaa, hal-hal diataslah yang menjadikan wordpress lebih SEO friendly dari CMS lain. Mungkin anda bertanya, mengapa saya sendiri malah menggunakan Blogger?. Untuk saya pribadi, sebenarnya ada alasan tersendiri. Dan yang terpenting, sebenarnya baik tidaknya SEO sebuah website/blog dapat diatur sedemikian rupa dari cms manapun. Dengan satu syarat : Kita harus benar-benar menguasai CMS yang kita gunakan.

Itu saja, Semoga Bermanfaat!
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: