JAKARTA- Dalam ajang Indo Defence yang digelar di JIEXPO Kemayoran, ada menarik. Industri pertahanan saat ini tak lagi selalu alat perang. Komunikasi informasi yang bebas sadapan dan rahasia juga menjadi satu aspek keamanan pertahanan yang wajib ada.
Sebenarnya sejak dahulu kala, informasi memang menjadi satu diantara beberapa hal penting yang sudah dianggap penting. Kurir pembawa surat misalnya, sejak zaman kerajaan menjadi orang penting. Begitu juga telik sandi yang bertugas mendapatkan informasi dari lawan.
Tak banyak yang tahu perihal teknolgi komunikasi informasi ini. Yang cukup fenomenal dan legendaris adalah Enigma, alat komunikasi militer semasa Jerman dikuasai Nazi.
Bisa dibilang enigma adalah alat pengirim pesan "kriptografi" yang sangat terkenal semasa perang dunia II. Seperti Jet, Enigma adalah teknologi "Nazi" yang dirampas dan dikembangkan oleh sekutu. Enigma menjadi standar alat pengirim pesan yang aman dari sadapan musuh.
Kriptografi sampai saat ini masih menjadi "metode" yang paling aman untuk pengiriman pesan, Bahkan dengan perkembangan teknologi, suara dan data juga bisa "diamankan" dengan kriptografi.
Salah satu perusahaan Indonesia telah mengembangkan kriptografi untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Adalah PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) yang baru saja merilis Voice Guard, Chat Guard dan TiO Guard. Setahun yang lalu ICK juga sudah merilis SMS Guard.
ICK berani terjun ke persaingan industri pertahanan karena yakin bahwa peluangnya masih sangat besar. Dari pantauan kami di Indo Defence 2014, memang tak banyak perusahaan yang terjun ke segmen ini. Teknologi yang khas dan tak banyak yang menguasai memang menjadi hambatan tersendiri.
Praktis di Asia Tenggara, ICK menjadi satu-satunya pemain dalam segmen jasa komunikasi dan informasi aman. Di eropa ada ProtonMail yang hanya menawarkan email aman, meski pada Mei lalu sempat di jebol.
- See more at: https://www.cissrec.org/news/detail/15/Anti-Sadap-Industri-Pertahanan-Ini-Mulai-Dilirik.html#sthash.YEUdbE2D.dpuf
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: