Ketergantungan masyarakat akan dunia maya sudah sangat besar. Mulai dari email, penyimpanan data sampai pada social media semua punya manfaat dan kerentanan yang sama besar. Bahaya phising, seperti serangan pada email maupun inbox pada facebook perlu dketahui lebih lajut oleh pengguna intenret di Indonesia.
Pemerintah perlu memberi perhatian lebih besar pada edukasi masyarakat terkait penggunaan internet. Bukan hanya kampanye anti pornografi saja, namun mengedukasi cara dasar dalam menghindari tindakan penipuan lewat email maupun social media misalnya.
Seperti kejadian "jebolnya" iCloud. Setelah diselediki FBI, ternyata pelaku tidak menembus celah kemanan pada iCloud, namun mengirimkan email palsu pada akun para artis dan pebisnis. Dengan mengklik tautan yang diberikan oleh si penjahat, maka data di iCloud otomatis bisa diambil.
Edukasi mendasar terkait penggunaan internet yang aman perlu terus digalakkan. Indonesia mempunyai pendudukan yang besar. Di akhir 2013 saja pengguna internet Indonesia sudah mencapai 74 juta orang atau 28% penduduk Indonesia. Di tahun 2015 diperkirakan akan menembus 100 juta pengguna internet. Sebagian besar pengakses internet berusia dibawah 30 tahun dan 95% diantaranya mengakses internet via perangkat mobile. 
Axact

BELAJAR SEO

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.H.COM

Post A Comment:

0 comments: