Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan bahwa saat ini peperangan bukan lagi secara fisik saja, melainkan non fisik. Non fisik yang dimaksudnya adalah perang melalui internet atau cyber war.Cyber Crime
"Perang modern sudah tak kasat mata, sekarang itu cyber. Semua sudah pakai komputer. Secara nasional kita belum ada yang koordinir para ahli cyber," ujarnya saat jumpa pers terkait acara Simposium Nasional Cybersecurity, di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Kamis (28/05).
Menindaklanjuti hal itu, Menko Polhukam mengatakan jika diperlukan adanya badan atau lembaga yang bisa mengkoordinir permasalahan ini. "Ini untuk kepentingan nasional. Untuk mengamankan seluruh kepentingan yang ada di negara ini. Tidak hanya masalah pertahanan saja, tetapi terkait semua masalah yang ada seperti perbankan, penerbangan, dan lain sebagainya," tambahnya.
Sebetulnya, lanjut dia, semua badan pemerintahan sudah ada yang mengurusi soal kemanan. Namun, sebagai kementerian yang mengkoordinatori keamanan negara, harus ada yang memimpin.
"Kita juga belum bisa mengkoordinior. Kita nunggu dulu masukan dari para ahli. Sehingga dengan masukkan nantinya bisa kita berikan ke presiden. Ini juga kan biar enggak jalan sendiri-sendiri," paparnya.
Ke depan, badan yang akan mengurusi soal itu tidak hanya dari kalangan militer saja tetapi dari semua kalangan. Misalnya saja dari kalangan penerbangan, perbankan, intelijen, dan lain sebagainya.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: