Merdeka.com - Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Bambang Heru Cahyono, menyebut jika tantangan pengelolaan keamanan informasi di Indonesia masih lemah, terutama soal koordinasi antarlembaga instansi pemerintah.
Dirinya juga mengatakan, jika tata kelola TIK harus didukung dengan keamanan informasi agar kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi dapat terjaga dari segala ancaman yang akan mengganggu keberlangsungan kinerja organisasi, khususnya penyelenggaraan TIK dalam lingkup pemerintahan.
"Keamanan internet masih sangat rendah, implementasi pengamanan TIK masih berjalan sendiri-sendiri, kurang terlaksananya tata kelola TIK di Instansi pemerintah dan tingginya kesenjangan digital di Indonesia," jelasnya seperti yang dilansir dari website resmi Kemkominfo, Kamis (31/03).Cyber Crime
Maka dari itu, pihaknya tengah menyusun RPP mengenai jaminan keamanan dan gangguan dari penyalahgunaan informasi.
"Jika peraturan pemerintah ini sudah disahkan, maka nantinya harus benar-benar dilaksanakan dan bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata dia.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: